Waspada Terhadap Daftar Prakerja Palsu

prakerja

Waspada Terhadap Daftar Prakerja Palsu

prakerja

Apa itu Program Kartu Prakerja.
Program kartu prakerja adalah Program pengembangan Kompetensi kerja yang ditujukan kepada setiap pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja(PHK), dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Program kartu prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja dan mengembangkan kewirausahaan.

Siapa saja yang dapat mendaftar kartu prakerja

Jika kamu sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja(PHK), atau pekerja/buruh yang ingin meningkatkan kompetensi kerja seperti
  • pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerimah upah
  • Pelaku usaha mikro dan kecil
Dengan syarat sebagai Warga Negara Indonesia yang telah berusia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti/menjalani pendididkan formal. Maka kamu sangat dianjurkan untuk mendaftar/mengikuti program kartu prakerja. Lalu siapa saja yang tidak bisa mendaftar program kartu prakerja. Bagi kamu yang sedang menjalani pekerjaan atau salah satu dari pekerjaan berikut ini, maka kamu tidak bisa mendaftar kartu prakerja.
  • Pejabat Negara
  • Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  • Aparatur Sipili Negara
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  • Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Kepala desa dan perangkat Desa
  • direksi, komisaris, dan dewan pengawas pada badan usaha milik Negara atau badan usaha milik Daerah

Bagaimana cara daftar prakerja

Cara daftar kartu prakerja sangat mudah kok, cukup dengan membuka situs prakerja.go.id lalu pilih menu “Daftar Sekarang” kemudian masukan alamat Email yang masih aktif dan buat passoword, lalu konfirmasi ulang password” dan klik menu “Daftar“.
Setelah itu lengkapi data data prakerja yang diminta untuk proses pendaftaran prakerja.Kemudian kamu akan diminta untuk memilih atau bergabung pada gelombang yang diminta serta mengaitkan no rekening yang kamu pilih.
Pastikan kamu membuka atau mengakses situs prakerja.go.id, karena situs prakerja yang asli hanya itu saja, jangan sampai kamu buka situs prakerja yang lain. Saat ini beredar disosial media maupun di internet informasi adanya daftar prakerja palsu atau situs prakerja palsu.  Untuk mengetahui atau membaca penjelasan selengkapnya kamu bisa ketikan kata kunci pada pencarian google dengan kata palsu

Bagaimana cara membedakan situs prakerja yang asli dan alamat prakerja yang palsu.

Sebelum melakukan tindakan ada baiknya kita perhatikan dan cek dulu apa yang akan kita kerjakan, begitu juga dalam mengakses sesuatu di internet. Terkait adanya daftar prakerja palsu atau situs prakerja palsu yang beredar di internet, admin harapkan untuk lebih hati hati. Jangan mudah percaya sebelum menelusuri kebenaranya.
Alamat Prakerja atau situs prakerja yang asli beralamat di https://www.prakerja.go.id, dengan tampilan laman depan situs prakerja seperti pada gambar berikut ini
situs-prakerja-asli

Meskipun ada website lain yang halaman depannya mirip atau sama dengan tampilan situs prakerja, akan tetapi jika link atau alamat situs nya bukan beralamat di https://www.prakerja.go.id, artinya itu bukanlah situs prakerja yang asli. Karena situs prakerja yang asli hanya satu itu dan alamatnya juga jelas.

Kamu juga bisa mengunjungi akun prakerja yang asli dengan nama akun juga sama dengan website prakerja yaitu @prakerja.go.id dengan jumlah followers akun instagram prakerja yang asli 1,9JT. Pada Profil atau bio akun instagram prakerja juga dijelaskan informasi yang jelas tentang

Akun instagram resmi kartu prakerja, bantuan biaya peningkatan kompetensi dari pemerintah,#siapdarisekarang,www.prakerja.go.id”

Dalam postingan akun instagram prakerja tgl 11 Oktober 2020 juga telah diberitahukan bahwa “Alamat situs kartu prakerja yang Resmi hanya www.prakerja.go.id, artinya jika kamu menemukan adanya situs yang mengatasnamakan situs prakerja selain alamat diatas adalah palsu.

Pastikan kamu tidak memberikan NIK, KK, Nomor HP dan alamat Email atau data diri lainya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Apabila kamu menemukan kendala atau hal hal yang mencurigakan atas akun prakerja kamu, maka bisa mengubungi call center prakerja atau layanan kartu prakerja melalui nomor 0800-150-3001 (Bebas Pulsa)

Dipostingan akun resmi Instagram @prakerja.go.id juga menghimbau kepada semuanya untuk dapat waspada dan hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan prakerja. Jangan pernah memberikan data diri pada siapapun,karena itu dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, jadi pastikan kamu membuka dan mengakses situs prakerja yang asli dengan alamat www.prakerja.go.id bukan yang lain.

Kartu prakerja telah dibuka dari gelombang 1 hingga gelombang 10. Lalu, kartu prakerja gelombang 10 resmi ditutup pendaftaran pada tanggal 28 September 2020. Hingga sampai saat ini tanggal 11 Oktober belum ada informasi resmi dari pihak kartu prakerja melalui situs www.prakerja.go.id maupun akun instagram @prakerja.go.id tentang pembukaan prakerja gelombang 11. Jadi, jika ada yang memberikan informasi bahwa kartu prakerja gelombang 11 telah dibuka, jangan lansung percaya apabila kamu tidak mendapatkan informasi lansung dari situs maupun akun instagram resmi @prakerja. Tetap hati-hati dan waspada dalam mengakses situs di internet. Itulah yang dapat admin informasikan dalam artikel blog ini, mudah mudahan bermanfaat. Banyak maaf jika ada salah kata dalam penulisan artikel yang tidak disengaja.


sumber : https://boredtekno.com