TUJUAN SISTEM EKONOMI CAMPURAN

TUJUAN SISTEM EKONOMI CAMPURAN

TUJUAN SISTEM EKONOMI CAMPURAN

TUJUAN SISTEM EKONOMI CAMPURAN

Tujuan intervensi pemerintah adalah

untuk mengatasi kegiatan ekonomi yang mengalami naik turunnya ekonomi yang tajam. Disamping itu juga melindungi masyarakat yang tertindas dan lemah. Maksudnya, sistem ekonomi campuran bertujuan menghindari penguasaan secara penuh atas sumber daya ekonomi dari segolongan masyarakat.

Bentuk intervensi pemerintah ialah melalui peraturan-peraturan yang tujuannya untuk mengatur dan mengawasi kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh pihak swasta agar berjalan sesuai norma yang ada. Disamping itu pemerintah juga memiliki kebijakan dan peraturan di bidang fiskal dan moneter yang tujuannya, agar perekonomian berjalan dengan lancar dan pesat tanpa mengalami masalah ekonomi seperti pengangguran dan inflasi.

Pada dasarnya suatu negara saat ini tidak menganut sistem ekonomi manapun tapi menggunakan kombinasi atau modifikasi dari sistem yang ada dan dirasakan paling cocok dengan kondisi dan tradisi di negara tersebut.

Contohnya Amerika Serikat yang dikenal dengan ekonomi pasar bebas tapi disisi lain pemerintah sangat jelas melakukan intervensi lewat pembuatan undang-undang anti monopoli. Artinya walaupun ekonomi diberikan kepada mekanisme pasar pemerintah tetap mengatur pihak swasta dengan memberi batasan-batasan tertentu.


Sumber: https://theonlinestate.com/robot-evolved-apk/