Tips Memilih Indukan Ikan Nila Yang Baik

Tips Memilih Indukan Ikan Nila Yang Baik

Tips Memilih Indukan Ikan Nila Yang Baik

Tips Memilih Indukan Ikan Nila Yang Baik
Tips Memilih Indukan Ikan Nila Yang Baik

Ikan nila jantan mempunyai lubang anus dan lubang genital berupa tonjolan kecil yang berbentuk meruncing. Ikan nila jantan juga mempunyai warna yang lebih gelap dan tulang rahang yang melebar ke belakang. Sedangkan ciri utama ikan nila betina ialah mempunyai perut yang berukuran lebih besar.

Agar budidaya ikan nila yang Anda lakukan membuahkan hasil yang maksimal, wajib hukumnya bagi Anda untuk menggunakan indukan yang unggul. Harapannya indukan tersebut bisa melahirkan benih-benih ikan nila yang kualitasnya baik. Apa sajakah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih indukan ikan nila?

Responsif dengan Makanan

Ikan nila pada dasarnya merupakan ikan yang rakus. Ikan ini bersifat omnivora. Di habitat alaminya, ikan nila biasanya mengonsumsi tanaman air, plankton, dan ikan-ikan kecil. Ikan nila yang responsif dengan makanan akan sangat menguntungkan ketika dibudidayakan karena pertumbuhannya lebih cepat.

ikan hiu megalodon – Di samping itu, ikan nila yang memiliki daya responsif yang tinggi terhadap pakan yang diberikannya juga pertanda jikalau kondisi ikan tersebut benar-benar sehat.

Resisten Terhadap Hama dan Penyakit

Anda tidak bisa mencegah sepenuhnya kemungkinan adanya serangan hama dan penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan ikan nila.

Oleh alasannya itu, selain melaksanakan pencegahan secara eksternal, Anda pun wajib mencegahnya secara internal yakni dengan memilih ikan nila yang mempunyai daya tahan yang tinggi. Ikan nila yang demikian akan menunjukkan keuntungan yang besar karena risiko kematiannya lebih kecil.

Mampu Beradaptasi di Kolam

Setelah Anda berhasil memilih indukan ikan nila yang sesuai, lakukanlah proses pemindahan ikan tersebut dari daerah asalnya ke bak buatan Anda secara hati-hati.

Waktu pemindahan sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Amatilah perubahan fisik dan perilaku pada ikan ini dalam rangka pembiasaan terhadap lingkungannya. Indukan yang bagus bisa mengikuti keadaan dengan kolam.