Tabungan

Tabungan

Table of Contents

Tabungan

Tabungan

Fungsi tabungan adalah suatu fungsi yang menggambarkan hubungan antara tingkat tabungan rumah tangga dengan pendapatan nasional dalam perekonomian. Tabungan adalah sebagian pendapatan masyarakat yang tidak dibelanjakan disimpan sebagai cadangan guna berjaga-jaga dalam jangka pendek. Menurut Undang-undang No 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan, Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan /atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.Fungsi tabungan adalah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan diantara tingkat tabungan rumah tangga dalam perekonomian dan pendapatan nasional (atau pendapatan disposable) perekonomian tersebut. Jadi,baik dalam hokum pisikologi konsumsi dari Keynes dikemukakan,”setiap pertambahan pendapatan akan menyebabkan pertambahan konsumsi dan pertambahan tabungan ( saving ).”

  1. Fungsi Tabungan

Fungsi tabungan adalah fungsi yang menunjukkan hubungan antara besar tabungan dengan besar pendapatan. Tabungan atau saving yang biasa di notasikan dengan huruf S, mempunyai defenisi berbeda-beda, tetapi semuanya mempunyai arti yang sama. Berikut ada beberapa pengertian tabungan, yaitu :

  1. Saving (S), merupakan fungsi dari pendapatan nasional (Y) atau dapat ditulis sebagai S = f (Y)
  2. Tabungan sebagai (S) adalah sisa pendapatan (Y) setelah digunakan untuk konsumsi (C) atau dapat ditulis dengan S = Y-C.
  3. Faktor-faktor Tingkat Tabungan
  4. Tinggi rendahnya pendapatan masyarakat
  5. Tinggi rendahnya suku bunga bank
  6. Adanya tingkat kepercayaan terhadap bank

Hal-hal yang perlu diperhatikan :

  1. Sebelum Anda menabung, tanyakan metode perhitungan bunga yang  diberlakukan oleh bank tersebut.
  2. Suku bunga tabungan dapat berubah sewaktuwaktu,karena itu suku bunga ini disebut suku bunga mengambang atau floating rate.
  3. Beberapa bank menetapk an suku bunga tabungan tetap untuk jangka waktu tertentu (fixed rate).
  4. Atas bunga tabungan yang diperoleh akan dikenakan pajak sesuai ketentuan berlaku.
  5. Kecenderungan Menabung  (Propensity to Save)

Kecenderungan menabung marginal (MPS) merupakan perbandingan antara pertambahan tabungan dengan pertambahan pendapatan, sedangkan kecenderungan menabung rata-rata (APS) merupakan perbandingan antara jumlah tabungan dengan jumlah pendapatan .

sumber :

Lost in the Dungeon 4.8 Apk + Mod Unlimited Money