Sleman Berkomitmen Tekan Pungli di Sekolah

Sleman Berkomitmen Tekan Pungli di Sekolah

Sleman Berkomitmen Tekan Pungli di Sekolah

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman akan bertindak

tegas mengatasi persoalan pungutan liar (pungli) yang menciderai pendidikan di daerah ini. Tindakan tegas ini dilakukan dengan menerbitkan aturan tertulis untuk menekan pungli.

Komitmen ini sudah disampaikan oleh dinas terkait kepada Ombudsman

Republik Indonesia (ORI) Perwakilan DIY. Aturan ini akan meminimalisir modus-modus yang kerap dipakai untuk melegalkan pungli di kemudian hari.

Kepala perwakilan ORI DIY, Budhi Masturi mengapresiasi langkah Disdikpora Sleman untuk menekan kasus pungli dengan menerbitkan regulasi yang jelas. Menurutnya, aturan baru itu nantinya akan ditandatangani kepala dinas terkait agar sekolah yang ada di lingkungan dinas bisa mematuhi aturan itu.

“Yang jelas ada komitmen untuk mengubah itu. Sebelumnya hanya surat

edaran dan itu tidak mengikat,” kata Budhi.

Persoalan pungli layanan pendidikan di Sleman mencuat dengan ditemukan adanya kasus di salah satu SD Model. Pungutan tersebut dilakukan melalui komite sekolah. Pihak komite berdalih, pungutan ini dilakukan untuk mencukupi kebutuhan biaya program unggulan.

ORI DIY sudah pernah menangani kasus ini pada akhir 2015 lalu. Kasus yang serupa kembali terulang pada awal 2016 ini. Hingga saat ini, ORI DIY masih menangani kasus ini. (Andi)

 

Baca Juga :