Skema susunan suatu pidato yang baik

Skema susunan suatu pidato yang baik

Skema susunan suatu pidato yang baik

Skema susunan suatu pidato yang baik
Skema susunan suatu pidato yang baik

 

Skema susunan pidato yang baik diantaranya

adalah meliputi hal-hal sebagai berikut :

1. Pembukaan dengan salam pembuka 2. Pendahuluan yang sedikit menggambarkan isi 3. Isi atau materi pidato secara sistematis : maksud, tujuan, sasaran, rencana, langkah, dll. 4. Penutup (kesimpulan, harapan, pesan, salam penutup, dan lain laian ) g. Persiapan Pidato Sebelum memberikan pidato di depan umum, ada baiknya untuk melakukan persiapan berikut ini : 1. Wawasan pendengar pidato secara umum 2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan 3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti. 4. Mengetahui jenis pidato dan tema acara. 5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato, dsb. h. hal-hal yang harus diperhatikan dalam berpidato Hal-hal yang harus diperhatikan dalam Berpidato diantarnya : 1. Berbusana yang sopan dengan melihat situasi, macam latar belakang pendengarnya, acara yang akan disuguhkan panitia. 2. Pergunakan bahasa yang sopan dan komunikatif sesuai dengan tingkat bahasa pendengarnya. Pergunakan bahasa baku jika berpidato dalamforum resmi, misalnya : seminar, rapat, sidang dsb. 3. .Materi pidato harus sesuai dengan yang diinginkan pendengar. Janganmenggunakan materi yang justru bertentangan dengan kemauan, adat,norma, agama atau tatanan yang dianut oleh masyarakat pendengar i.

Baca Juga: https://www.pendidik.co.id/mukadimah/

Contoh pidato tentang pendidikan nasional

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.salam sejah tera bagi kita semua Yang terhormat Bapak Bapak Drs.H. mursalim M.hum selaku ketua prodi sastra Indonesia universitas mulawarman Yang kami hormati seluruh jajaran Pembina dan pembimbing akademik dilingkungan universitas mulawarman dan tidak lupa kepada seluruh mahasiswa dilinkungan fakultas ilmu budaya universitas mulawarman pertama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, pada hari ini kita semua masih diberi nikmat berupa kesehatan sehingga kita semua dapat menghadiri acara pada peringatan pendidikan nasional ini Selanjutnya dengan memperingati hari pendidikan nasional ini semoga kita senantiasa dapat menjunjung tinggi nilai nilai budaya bangsa kita, saudara-saudara ku teman seperjuangan yang saya cintai bicara tentang pendidikan,kita mengingat took pendidikan diindonesia yaitu “ ki hajar dewantoro “ Ki Hajar Dewantara (1889-1959) seorang tokoh pendidikan Indonesia yang memprakarsai berdirinya lembaga pendidikan pertama diindonesia yang diberi nama Taman siswa.

Dia lebih terkenal dengan filsafat” tut wuri handayani, hing madya mangun karsa, hing ngarso sung tulada. Dewantara mengklasifikasikan tujuan pandidikan dengan istilah “ tri-nga”(tiga “nga-nga adalah huruf terakhir dalam abjad jawa ajisak). “Nga” pertama adalah ngerti” (memahami /aspek intelektual). “Nga kedua” adalah “ngrasa” adalah (merasakan aspek afeksi), dan “nga” ketiga adalah “nglakonin” (mengajarkan atau aspek psikomotorik). Pendidikan memang sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari pendidikan layaknya udara yang kita butuhkan untuk bernafas dalam kehidupan sehari-hari atau juga ibarat kapal bagi seseorang untuk mengarungi lautan kemudian untuk menunjang terlaksananya pendidikan di negri kita ini perlu adanya peran pemerintah dan juga seluruh anggota masyarakat Indonesia pada umumnya dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dalam negri kita namun semua itu butuh proses yang panjang untuk mencapai pendidikan yang berkualitas di mata dunia, berbagai upaya pemerintah sudah dilakukan untuk meningkatka mutu pendidikan di Indonesia ini seperti adanya bantuan beasiswa dari pemerintah mulai tingkat SD sampai perguruan tinggi namun hal itu belum sepenuhnya berhasil hal itu terbukti pada tahun 2010 tingkat pendidikan di indonesia menduduki peringkat 65 dunia tetapi pada tahun 2011 indonesia menduduki peringkat ke 69 dunia saudara-saudara ku teman seperjuangan yang saya hormati apakah kita hanya bisa tertawa melihat hal itu ????……….. tentu saja tidak kan !!! oleh karna itu saudara-saudara ku yang sangat saya hormati marilah kita senantiasa ikut serta meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di negri kita ini sebagai wujud dari bela Negara saudara-saudara ku yang sangat kami hormati pendidikan di zaman seperti ini sangatlah penting sebagai bekal kita menghadapi zaman globalisasi ini.

pada zaman globalisasi ini sepertinya tidak ada yang tidak mungkin terjadi semuanya mungkin saja terjadi tetapi apabila kita tidak pandai-pandai bersaing tentu pasti kita akan tertinggal dengan mereka yang mempunyai bekal pendidikan yang cukup oleh karna itu sekali lagi marilah kita bekali hidup kita dengan pendidikan yang cukup saudara-saudara ku yang saya hormati kita ini adalah seorang yang diharapkan partisipasinya dalam membangun mutu pendidikan di negri kita,kita adalah seorang pemuda harapan bangsa dengan kata lain seorang pemuda adalah ujung tombak suatu bangsa oleh karna itu kita sebagai orang yang diharapkan bangsa sebagai penerus generasi tua untuk membangun negri marilah kita buktikan dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan dan kreatifitas kita untuk bangsa dan Negara Akhir sampai disini, semoga bangsa Indonesia lebih meningkatkan dan mencerdaskan serta menciptakan anak-anak didik yang produktif, kreatif, dan inovatif yang berguna bagi bangsa dan Negara Akhir kata Wassalamualaikum warohmatullohiwabarokatuh…