Sistem Informasi Perbankan

Sistem Informasi Perbankan

BI telah menyusun Cetak Biru Sistem Informasi Perbankan (SIP Blueprint) sebagai arah pengembangan sistem informasi agar mendukung tugas pengawasan bank umum untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. SIP dilaksanakan melalui prinsip-prinsip berikut :

  1. SIP diarahkan sebagai alat bisnis sekaligus sebagai media penyajian informasi yang cepat hingga tingkatan strategis.
  2. SIP menyediakan informasi yang bersifat mikro, individual bank, maupun informasi lain terkait lingkungan bisnis dan bank.
  3. SIP menyajikan informasi yang berasal dari media massa, institusi pemerintah, maupun lembaga-lembaga lainnya.
  4. SIP mengintegrasikan data-data yang saat ini tersebar pada sistem yang berbeda-beda.

Adapun sistem informasi yang menjadi dasar pembentukan SIP adalah :

  1. Sistem Informasi Manajemen Pengawasan (SIMWAS) : merupakan sistem informasi yang digunakan pengawas bank dalam melakukan kegiatan analisis terhadap kondisi bank, mempercepat diperolehnya informasi kondisi keuangan bank, meningkatkan keamanan dan integritas data serta informasi perbankan.
  2. Sistem Informasi Bank Dalam Investigasi (SIBADI) : merupakan sistem informasi untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas investigasi tindak pidana perbankan serta tugas-tugas terkait kegiatan mediasi antara nasabah dengan bank. SIBADI juga menyediakan data/informasi pelaku dugaan tindak pidana perbankan untuk mendukung proses fit and proper test.

baca juga :