Sejarah Alat Mesin Waktu

Sejarah Alat Mesin Waktu

 

Sejarah Alat Mesin Waktu
Sejarah Alat Mesin Waktu

Sampai sekarang, masih dicari seberapa cepat kecepatan yang dibutuhkan untuk masuk ke sana.

Ilmuwan mulai gencar mengembangkan teori pada 1991 ketika J. Richard Gott III mengembangkan teori Cosmic String atau cosmic yang tergantung di seutas tali (string).

Menurutnya, Cosmic String memungkinkan astronot menjelajah waktu tanpa harus kembali lewat jalur yang sama. Cosmic String dipercaya ilmuwan cosmologi sudah ada sebelum bumi terbentuk. Ukuran cosmic hampir sama dengan sebuah atom. Untuk dapat digunakan sebagai mesin waktu, dibutuhkan dua cosmic string dengan kecepatan yang menyamai cahaya.

Penjelasan mudah tentang teori di atas adalah sebagai berikut

Misalkan anda akan berpindah dari satu titik ke titik yang lain dengan jarak antara titik adalah 1 meter dan waktu normal yang dibutuhkan untuk bergerak tersebut selama 1 detik. Pada saat anda bergerak dari titik ke titik lain tersebut dengan lama 1s, anda melihat orang di sekitar anda masih berjalan dengan normal yang artinya anda masih bergantung terhadap waktu.

Sekarang, bagaimana bila anda berpindah antar titik tersebut dengan kecepatan yang lebih cepat, misalkan 1millisecond. tentunya anda akan melihat bahwa orang yang ada di sekitar anda berjalan lebih lambat, artinya waktu berjalan lebih lambat dari waktu normal anda. Bagaiman bila waktu perpindahan pada titik tersebut lebih di percepat lagi. Tentunya sekitar anda akan jauh berjalan lebih lambat, dan bahkan air yang menetes pun terlihat lebih jelas. Dan bila di percepat lagi, akan tiba pada saat, dimana benda disekitar anda diam (tidak bergerak), dalam artian bahwa waktu telah berhenti.

Teori relativitas yang dijelaskan oleh Einstein menjelaskan bahwa kecepatan cahayalah yang menjadi kecepatan terakhir yang ada di alam ini. Artinya, pada saat seseorang bergerak dengan kecepatan cahaya, maka benda yang ada di sekitarnya akan bergerak diam, dan waktu juga akan berhenti. Dari penjelasan tersebut, bagaiman seandainya seseorang mampu bergerak lebih cepat atau jauh lebih cepat dari kecepatan cahaya. Apa yang akan terjadi dengan kecepatan tersebut?

Teori inilah yang menjadi dasar bagi sebagian ilmuan untuk membuktikan bahwa menjelajah waktu itu sangat mungkin untuk dilakukan

Hal ini bila manusia mampu menciptakan sebuah alat yang mampu bergerak melebihihi kecepatan cayaha. Namun, meskipun nantinya kita berhasil menciptakan mesin waktu, keterbatasan energi yang akan digunakan untuk mengoprasikan mesin waktu masih menjadi kendala. Hingga saat ini kebutuhan akan energi untuk mengaktifkan mesin waktu masih belum terpecahkan.

Sobat, meski kebenaran Misteri adanya mesin waktu ini saat ini tidak diketahui, namun setidaknya tulisan ini membuka wawasan kita bahwa menjelajah waktu sangat mungkin dilakukan.

Baca juga artikel: