Ribuan Siswa SMA Rasakan Langsung Sensasi “Sehari Kuliah di FMIPA IPB”

Ribuan Siswa SMA Rasakan Langsung Sensasi “Sehari Kuliah di FMIPA IPB”

Ribuan Siswa SMA Rasakan Langsung Sensasi “Sehari Kuliah di FMIPA IPB”

Ribuan Siswa SMA Rasakan Langsung Sensasi “Sehari Kuliah di FMIPA IPB”
Ribuan Siswa SMA Rasakan Langsung Sensasi “Sehari Kuliah di FMIPA IPB”

Perayaan Dies Natalis Institut Pertanian Bogor (IPB) ke-55 dan Dies Natalis Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA IPB) ke-36 dimeriahkan dengan kegiatan “Sehari Kuliah di FMIPA IPB”.

Sebanyak 2.270 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat diundang untuk merasakan langsung sensasi Sehari Kuliah di FMIPA IPB yang dilaksanakan di Gedung Ruang Kuliah Bersama (Common Class Rooms/CCR), Kampus IPB Dramaga, Minggu (23/9/2018).

Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh siswa saja, melainkan guru pendamping pun turut mendapatkan

Seminar Setengah Hari guna memotivasi guru dan siswa untuk meningkatkan minat dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).

Jumlah pendaftar kegiatan “Sehari Kuliah di FMIPA IPB” mencapai 3.741 siswa yang berasal dari 209 sekolah dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Subang, dan Karawang.

Target peserta telah memenuhi kapasitas hingga 2.160 siswa SMA/MA kelas XII peminatan MIA (Matematika dan Ilmu Alam). Tingginya antusiasme pendaftar diikuti dengan dampak positif diselenggarakannya kegiatan ini.

Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan FMIPA IPB memikat hati para siswa untuk mendaftar

sebagai calon mahasiswa di setiap tahun ajaran baru melalui berbagai jalur yang ada.

Dalam Kuliah Sehari ini, ribuan siswa dibagi ke dalam 18 kelompok yang berasal dari sekolah yang berbeda. Sehingga, dalam 1 (satu) kelompok tidak ada yang saling kenal satu sama lain.

Suasana sedemikian rupa telah direncanakan dengan matang oleh panitia untuk menghadirkan sensasi nyata berkuliah di IPB. Peserta diberi kesempatan untuk merasakan berkuliah dan diajar langsung oleh para dosen favorit di FMIPA IPB.

Selain itu, peserta juga mendapatkan demo praktikum yang dilaksanakan apabila menjadi mahasiswa FMIPA IPB nantinya.

“Kami sudah menyiapkan pelayanan prima guna mempromosikan FMIPA IPB untuk meningkatkan

minat siswa pada program studi yang ada. Puluhan mahasiswa FMIPA IPB menjadi relawan dalam kegiatan ini dan menjadi duta fakultas selama sehari. Fasilitas disiapkan sebaik mungkin untuk mensukseskan kegiatan ini. Harapannya kegiatan ini dapat menjadi agenda resmi IPB yang dapat dijadikan ajang yang favorit pengenalan kampus pada siswa SMA sederajat,” tutur koordinator pelaksana “Sehari Kuliah di FMIPA IPB”, Dr. Ir. Ence Darmo Jaya Supena, M.Si.

“Sehari Kuliah di FMIPA IPB” merupakan satu-satunya kegiatan yang memberi kesempatan kepada siswa SMA sederajat untuk merasakan suasana dan sensasi kuliah di FMIPA IPB. Selain itu, kegiatan ini dijadikan sebagai ajang promosi untuk menumbuhkan minat siswa dan guru pendamping untuk mempelajari ilmu-ilmu dasar pada 9 (sembilan) program studi di FMIPA IPB.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FMIPA IPB, Prof. Dr. Dra. Purwantiningsih, MS mengungkapkan bahwa berkuliah di IPB mencakup pertanian dalam arti luas termasuk perikanan dan ilmu kelautan, peternakan, kehutanan dan lainnya mulai dari hulu hingga hilir meliputi tata cara pemasaran, strategi bisnis di masa depan, dan masih banyak lainnya. Ilmu-ilmu dasar yang dipelajari di FMIPA IPB diibaratkan sebagai pondasi dasar dari ilmu-ilmu terapan yang ada di IPB.

“Sehingga, keberadaan FMIPA IPB merupakan pilar penting dalam membangun pertanian bangsa, ” jelasnya.
Lebih lanjut dikatakannya, pembekalan materi pengenalan dan peningkatan motivasi untuk mempelajari ilmu-ilmu dasar disampaikan dalam “Seminar Setengah Hari” yang diikuti oleh guru pendamping siswa yang berkesempatan mengikuti rangkaian kegiatan “Sehari Kuliah di FMIPA IPB”. Pengenalan ini dilakukan agar guru pendamping dapat meneruskan informasi yang didapatkan untuk membimbing siswa memilih minat yang tepat dalam berkuliah. (AD/ris).

 

Sumber :

https://jeffmatsuda.com/