Proses Berakhirnya Kekuasaan Jepang Di Indonesia

Proses Berakhirnya Kekuasaan Jepang Di Indonesia

Proses Berakhirnya Kekuasaan Jepang Di Indonesia

Proses Berakhirnya Kekuasaan Jepang Di Indonesia
Proses Berakhirnya Kekuasaan Jepang Di Indonesia

Pembahasan ini yaitu ihwal penjajahan dan Pendudukan Jepang di Indonesia, masa pendudukan Jepang di Indonesia, kedudukan Jepang di Indonesia, jelaskan wilayah kekuasaan Jepang di Indonesia, kedatangan Jepang ke Indonesia, proses persiapan kemerdekaan Indonesia, hingga pada Jepang mengalah kepada sekutu.

Coba kita ingat kembali apa yang mengakibatkan Jepang terlibat dalam Perang Dunia II? Ya, alasannya yaitu Jepang mengebom Pearl Harbour yang menjadi pangkalan Sekutu.

Kejayaan Jepang dalam Perang Dunia II

tidak berlangsung lama. Mulai tahun 1943 kekuatan Jepang mulai melemah. Ketidaberdayaan Jepang semakin terlihat saat Pulau Saipan jatuh ke tangan Sekutu.

Peristiwa ini mengakibatkan jatuhnya Kabinet Tojo yang lalu digantikan oleh Jenderal Kuniaki Koiso.

Apakah yang menjadi benang merah kejadian di atas dengan keadaan di Indonesia? Dapatkah kalian menjelaskannya?

Ya, semoga menerima simpati dan derma dari rakyat Indonesia dalam Perang Pasifik, maka Jenderal Kuniaki Koiso menawarkan komitmen kemerdekaan kepada rakyat Indonesia.

Sebagai realisasinya dibuat BPUPKI yang lalu berganti menjadi PPKI. Bagaimanakah reaksi rakyat Indonesia terhadap kebijakan Jepang tersebut?

Bagaimana pula hasil-hasil sidang BPUPKI dan PPKI yang menjadi persiapan bangsa Indonesia ke arah kemerdekaan? Untuk lebih jelasnya pelajarilah bahan berikut!

Menjelang tahun 1945

posisi Jepang dalam Perang Pasifik mulai terjepit. Jenderal Mac. Arthur, Panglima Komando Pertahanan Pasifik Barat Daya yang terpukul di Filipina mulai melancarkan pukulan jawaban dengan siasat “loncat kataknya”.

Satu per satu pulau-pulau antara Australia dan Jepang sanggup direbut kembali. Pada bulan April 1944 Sekutu telah mendarat di Irian Barat. Kedudukan Jepang pun semakin terjepit.

Keadaan makin mendesak saat pada bulan Juli 1944 Pulau Saipan pada formasi Kepulauan Mariana jatuh ke tangan Sekutu.

Bagi Sekutu pulau tersebut sangat penting alasannya yaitu jarak Saipan – Tokyo sanggup dicapai oleh pesawat pengebom B 29 USA.

Hal itu mengakibatkan kegoncangan dalam masyarakat Jepang. Situasi Jepang pun semakin buruk. Akibat faktor-faktor yang tidak menguntungkan tersebut, mengakibatkan jatuhnya Kabinet Tojo pada tanggal 17 Juli 1944 dan digantikan oleh Jenderal Kuniaki Koiso. (https://blog.fe-saburai.ac.id/pengertian-seni-rupa-murni-jenis-gambar-dan-10-contohnya/)

Janji Kemerdekaan Indonesia

Agar rakyat Indonesia bersedia membantu Jepang dalam Perang Pasifik, maka pada tanggal 7 September 1944 Perdana Menteri Koiso mengumumkan komitmen pemberian kemerdekaan kepada Indonesia di lalu hari.

Janji ini dikenal sebagai komitmen kemerdekaan Indonesia. Sebagai realisasi dari komitmen kemerdekaan yang diucapkan oleh Koiso, maka pemerintah pendudukan Jepang di bawah pimpinan Letnan Jenderal Kumakici Harada pada tanggal 1 Maret 1945 mengumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI atau Dokuritsu Junbi Coosakai).

Tugas BPUPKI yaitu untuk mempelajari dan menyidik hal-hal yang penting yang berafiliasi dengan banyak sekali hal yang menyangkut pembentukan negara Indonesia merdeka.