Projected Visual

Projected Visual

Projected Visual

Projected Visual

Projected visual yang didefinisikan

sebagai media yang memformat gambar-gambar diam yang diperbesar dan ditampilkan pada layar. Untuk memproyeksikan diperlukan cahaya yang kuat yang melalui film transparan seperti overhead transparencies, slides dan filmstrips. Opaque projections juga termasuk kategori ini walaupun gambar yang diproyeksikan pada alat ini tidak transparan. Gambar tersebut diproyeksikan melalui lensa.
Jenis-jenis projected visual yaitu
a. OHP dan OHP
b. Computer Image Projection
c. Film Slide
d. Multi-Image Presentations
e. Film Strip
f. Opaque Projection
Selanjutnya akan dibahas pengertian dasar, kelebihan dan kelemahan alat-alat tersebut.
A. OHP dan OHT
Overhead Projector (OHP) merupakan perangkat keras dari salah satu visual projector di mana media tranparansinya disebut dengan overhead transparencies (OHT). Dalam kelompok peralatan proyeksi OHP merupakan peralatan yang paling sederhana .Peralatan OHP hanya menggunakan sistem optik (lensa–lensa) dan elektronik (kipas pendingin dan lampu proyector).
Kelebihan dari OHP :
  • Mudah digunakan OHP adalah alat yang mudah digunakan karena alatnya relatif ringan sehingga mudah dipindahkan.Cara mengoperasikannya juga relatif mudah.
  • Cara kerjanya sederhana
  • Materi lebih variatif.
  • Persiapan lembaran OHT dapat dilakukan sebelumnya ditempat lain
Kelemahan dari OHP :
  • Menuntut cara kerja yang sistematik karena transparansi itu lepas
  • Memerlukan waktu, usaha dan persiapan yang baik, lebih-lebih karena menggunakan teknik penyajian yang kompleks
  • Kalau kurang dikuasai teknik pemanfaatan serta potensinya ada kecenderungan OHP dipakai sebagai pengganti papan tulis dan anak didik bersikap pasif.
Mesin copy thermal adalah alat yang dapat digunakan untuk memproduksi ulang transparansi yang telah dibuat, seberapa yang diinginkan. Satu keuntungan dari mesin ini dapat memproduksi ulang warna hitam, atau warna emas di atas plastik berwarna sebaik mengkopi warna pada plastik yang bening. Mesin ini juga dapat membuat kopi negatif transparansi (yaitu gambar atau tulisan warna pada dasar hitam). Syarat untuk membuat kopi ini, master copynya harus memakai bahan karbon gelap (misalnya pensil, tinta india, tinta printer computer atau bahan lain yang mengandung carbon).