PERAN HARGA DAN SISTEM EKONOMI CAMPURAN

PERAN HARGA DAN SISTEM EKONOMI CAMPURAN

PERAN HARGA DAN SISTEM EKONOMI CAMPURAN

PERAN HARGA DAN SISTEM EKONOMI CAMPURAN

Sistem ekonomi campuran ini dapat dibedakan

ke dalam dua jenis sistem ekonomi, yaitu Market socialism dimana fungsi pemerintah yang terlihat lebih dominan dan Social Market dimana mekanisme pasarlah yang lebih dominan meskipun tetap ada intervensi dari pemerintah. Contoh negara yang menggunakan sistem ekonomi campuran Market Socialism ialah Swedia.

Sedangkan contoh negara yang menggunakan sistem ekonomi campuran Social Market ialah Inggris dan Jerman. Dalam sistem ekonomi campuran, tujuan intervensi pemerintah dalam kegiatan perekonomian adalah untuk mengecek distorsi ekonomi. Selain itu, pemerintah akan memberikan jaminan sosial dan mencoba memberlakukan pemerataan distribusi terhadap pendapatan.

Tentang penetapan harga, meskipun harga-harga ditentukan oleh mekanisme pasar, apabila diperlukan pemerintah juga perlu melakukan pengawasan dan koreksi kepada harga-harga tersebut. Karena merupakan penggabungan dari sistem ekonomi pasar dan sistem ekonomi komando, Pelaksanaanya sistem ekonomi campuran ini akan mengurangi berbagai bentuk kelemahan dari sistem ekonomi pasar.

Selain itu juga dapat mengurangi sistem ekonomi komando. Tujuannya tidak lain adalah agar meningkatkan kesejahteraan rakyat karena berimbangnya tugas pemerintah dan swasta di dalam menjalankan proses kegiatan perekonomian.

Di dalam sistem ekonomi campuran, pemerintah juga swasta dalam hal ini masyarakat saling berinteraksi dalam proses memecahkan masalah ekonomi. Kegiatan ekonomi masyarakat diberikan kepada kekuatan pasar, tapi sampai batas tertentu pemerintah tetap melakukan kendali atau kontrol dan campur tangan yang bertujuan agar perekonomian tidak luput dari kendali dan tidak hanya menguntungkan pemilik dengan modal besar.

Pada saat ini, kecenderungan untuk mengaplikasikan sistem ekonomi pada berbagai negara semakin meningkat karena pada dasarnya tidak ada negara yang dapat dengan murni mengampilkasikan sistem ekonomi pasar maupun sistem ekonomi komando

Mekanisme pasar yang terjadi lewat permintaan serta penawaran, berfungsi untuk memecahkan tiga fungsi dasar dari organisasi ekonomi. Meskipun sistem ini masih jauh dari sempurna, tetapi hal ini adalah satu cara pemecahan atas tiga masalah pokok ekonomi yang terjadi, yaitu Apa, Bagaimana, dan Bagi Siapa.

Hak memilih dalam nilai rupiah yang diberikan oleh konsumen turut mempengaruhi harga barang-barang dan harga-harga ini bertugas sebagai penunjuk banyaknya barang yang harus diproduksi. Jika orang meminta barang lebih banyak, tentu perusahaan yang saling bersaing mampu meningkatkan keuntungannya dengan cara memperbanyak jumlah produksi barang tersebut.

Di dalam persaingan sempurna, perusahaan wajib berusaha menemukan metode produksi yang paling murah , dan menggunakan tenaga kerja, tanah, dan factor lain secara efisien, jika tidak perusahaan ini akan mengalami kerugian dan tersingkir dari pasar.

Pada saat yang bersamaan,masalah Apa, Bagaimana, dan Bagi Siapa dapat dipecahkan oleh mekanisme harga. penyaluran pendapatan diputuskan oleh kepemilikan faktor-faktor produksi (modal, tanah, dan tenaga kerja), dan oleh harga-harga faktornya, tingkat upah atau gaji setiap jenis tenaga kerja, royalty dari buku, sewa tanah, dan bermacam-macam hasil yang diperoleh dari modal.

Pihak yang mempunyai tanah subur atau kemampuan dan keterampilan tertentu akan mendapat tawaran sejumlah uang untuk dipakai di dalam pasar barang konsumsi. Begitu juga kompensasi yang rendah akan diserahkan kepada pihak yang tidak mempunyai kemampuan atau keterampilan, keahlian, dan jenis kelamin yang tidak begitu dibutuhkan oleh pasar.


Baca Juga :