Penulisan Ilmiah untuk Pembuatan Game

Penulisan Ilmiah untuk Pembuatan Game

Penulisan Ilmiah untuk Pembuatan Game
Penulisan Ilmiah untuk Pembuatan Game

Penulisan ini ditujukan bagi anda yang memiliki keinginan untuk membuat game

namun tidak tahu harus memulai dari mana. Dalam tulisan berikut ini anda hanya akan diajarkan dasar-dasar dari proses pembuatan video game, saya tidak akan menjelaskan secara spesifik tentang bagaimana cara menggunakan program, karena anda dapat membaca “help” sendiri.
Dengan dibuatnya penulisan ini, diharapkan munculnya bibit-bibit muda pengembang game Indonesia yang dapat bersaing dalam percaturan game dunia ( tentunya anda harus belajar dari awal dahulu ). Dilarang memperjual-belikan tulisan ini,atau mengubah isi tulisan ini tanpa seizin penulis, tetapi tidak ada larangan untuk menyebarluaskan tulisan ini,dengan syarat anda mengutip imagamenation.com sebagai sumber.

PENGETAHUAN DASAR TENTANG MEMBUAT VIDEO GAME

1. Pembukaan
Anda mungkin pernah memainkan video game baik itu game console (playstation,xbox,Nintendo,sega,dll) maupun game untuk computer pribadi.
Namun, apakah pernah terlintas di benak anda untuk menciptakan sendiri video game keinginan anda ?
Bila jawaban anda adalah ya, mungkin tulisan ini dapat menjadi motifasi bagi anda dalam berkreasi di dunia maya.

2. Syarat-syarat dasar
Anda boleh saja memiliki keinginan untuk menciptakan game.
Namun anda harus memiliki syarat-syarat tertentu, agar
Anda lebih mudah untuk bergelut dalam dunia yang satu ini.
Syarat-syarat yang anda harus anda miliki adalah sbb:
-Memiliki pengetahuan dasar tentang menggunakan computer.
: Hal ini ditujukan agar anda tidak bingung dalam menggunakan
Fungsi –fungsi yang ada di dalam computer seperti cara menyimpan data, menghapus data, mengcopy data,dsb.

-Memiliki pengetahuan tentang berbagaimacam software pendukung dan fungsinya.
: Ini merupakan salah satu dari hal-hal yang patut anda kuasai, anda harus mengetahui software-software dan fungsinya , seperti “Adobe Photoshop” yang berfungsi untuk membuat/ mengedit gambar, dan banyak lagi.
-Memiliki pengetahuan tentang berbagai macam format file.
: Setidaknya anda harus memiliki pengetahuan dalam mengenali format-format dari file. Bila anda menguasai hal ini , otomatis anda akan gampang untuk memahami proses yang lain.

Mempunyai bakat / talenta di bidang seni khususnya.

: Game merupakan sebuah wadah yang menampung berbagai macam seni baik itu seni rupa, seni musik, seni penulisan( segi cerita) maupun seni gerak. Jadi sangat bagus apabila anda memiliki bakat di bidang seni .Tapi bagi anda yang tidak memiliki talenta di bidang ini tidak perlu berkecil hati, karena bukan berarti anda tidak bisa membuat game, tetapi anda dapat giat berlatih mengasah kepandaian anda seperti melukis, atau anda juga dapat menggunakan gambar atau musik ciptaan orang lain untuk dijadikan bahan bagi game anda, hanya saja hasilnya tidak akan orisinil.

Memiliki logika yang tajam

: Dalam membuat game , nantinya anda akan berhadapan dengan penggunaan script(program) untuk mengatur control pada karakter, musuh, dan lain-lain.
Bila anda memiliki logika yang baik disertai kepandaian berhitung yang lumayan, anda tidak akan tersesat didalam pemrograman.

Mempunyai motivasi

: Ini merupakan hal yang sangat penting, dalam membuat game.
Banyak para game creator yang berhenti membuat game karena merasa bosan dan malas untuk melanjutkan proyeknya, hal seperti ini tidak akan terjadi apabila anda mempunyai motivasi yang tinggi untuk menciptakan sesuatu yang anda inginkan.
Pengetahuan tentang game serta pembagian tugas
Video game terbagi dua menurut dimensinya, yaitu:

-2D (two dimension)
: Game dua dimensi dapat diketahui berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi ( X dan Y). Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan Vector maupun Bitmap. Untuk membuat animasi bergerak (berjalan,melompat,berlari,dll) kita harus membuat gambar satu persatu yang disebut dengan(frame).
Kerealisasian gerakan ditentukan dari gambar yang dibuat, jumlah gambar(frame) yang digunakan, serta hitungan gambar per detik (frame per second ( semakin tinggi hitungan gambar per detik maka semakin mulus gerakan yang akan dihasilkan)). Bagi pemula sebaiknya mencoba untuk membuat game bertipe 2D terlebih dahulu.

-3D (three dimension)
: Sama dengan dua dimensi , game bertipe ini dapat diketahui berdasarkan ruangnya , hanya saja dalam 2D hanya ada 2 sisi (X,Y), dalam game 3D anda akan menemui tiga sisi (X,Y,Z).
Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:

-3d object/model
: ini merupakan model/ object 3 dimensi yang nantinya akan anda jadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata,musuh, permukaan tanah ,pohon, bukit,dll. Object 3d seperti ini bisa anda buat dengan menggunakan program seperti “3D S.Max”,”Maya”,”Hash”,dll

-2d graphic
:gambar 2d juga berperan dalam membuat game bertipe 3D fungsi gambar 2d antara lain:
– sebagai texture untuk object
– sebagai latar belakang ( langit , pemandangan,dll)
– sebagai meteran untuk nyawa , gambar untuk speedometer (untuk game racing), dll.

Sumber : https://thezimbabwetimes.com/enhancing-the-process-of-learning-and-education-through-internet/