Pengertian dan Kontroversi KTSP

Pengertian dan Kontroversi KTSP

Pengertian dan Kontroversi KTSP

Pengertian dan Kontroversi KTSP
Pengertian dan Kontroversi KTSP

Pengertian KTSP

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau yang biasa disebut dengan KTSPadalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. KTSP disusun dan dikembangkan berdasarkan Undang-undang no.20 tahun 2003

Tentang sistem pendidikan nasional pasal 36 ayat 1 dan 2 sebagai berikut:

  1. Pengembangan kurikulum mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk mewujudkan Tujuan pendidikan Nasional.
  2. Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversivikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik.

 

Kontroversi KTSP

Mengacu pada Devinisi di atas, terdapat kejanggalan besar dalam penerapan KTSP selama lebih kurang 2 tahun ini. Kejanggalan tersebut adalah tetap diberlakukannya Ujian Nasional, bila melihat point 1 dan 2 di atas seharusnya bila KTSP dilaksanakan sepenuhnya maka Ujian Nasional seharusnya dihilangkan. dengan prinsip diversivikasi satuan pendidikan maka secara otomatis standar kelulusan atau ketuntasan siswa selayaknya dikembalikan lagi ke satuan pendidikan (sekolah) bukan ditentukan oleh negara, bila standar kelulusan ditentukan negara maka sama saja dengan melanggar kaidah KTSP dan kembali ke kurikulum KBK atau bahkan mungkin CBSA.

sungguh membingungkan dunia pendidikan indonesia, sudah salah masih tetap saja berkata benar.


Sumber: https://www.quibblo.com/story/DgCv-9iP/Buy-a-Used-Car-Without-going-to-the-dealer-to-Seva-Id-Aja