Pengertian Agama Menurut Para Ahli

Pengertian Agama Menurut Para Ahli

Pengertian Agama Menurut Para Ahli

Pengertian Agama Menurut Para Ahli
Pengertian Agama Menurut Para Ahli

Para Ahli tidak sama-beda pandangan dalam mengemukakan pengertian agama, haini disebabkan lantaran sudut pandang mereka tidak sama-beda. Untuk menghindari silang pandang tersebut, agama diartikan secara mudah saja yaitu suatu keyakinan adanya aturan atau jalan hidup yang bersumber dari suatu kekuatan yang adikara (Tuhan)

Prof.Dr.Mukti Ali

menunjukan bahwa tidak ada arti atau defenisi yang paling susah selain dari pada agama. Hal itu disebabkan oleh lantaran pengalaman keagamaan itu ialah hasil yang paling sensitif atau yang dianggap berupa hal paling subyektif yang ialah soal batin. Juga kesusahan pemdiberian pengertian agama ini lantaran semangat mempersembahkan pemdiberian agama sangat berpengaruh sekali sampai membuat susah untuk mempersembahkan arti kalimat agama.

melaluiataubersamaini demikian untuk menjawaban terhadap problem yang menyangkut pengertian agama, maka didiberikan pengertian sebagai diberikut :

Baca Juga: Rukun Islam

Pertama Pengertian secara tekhnik

Religion (Bahasa Inggris) Religie (Bahasa Belanda), Din (Bahasa Arab), sedangkan bahasa Indonesia (Agama). Religion atau religie sama-sama berasal dari bahasa induk yang berasal dari bahasa latin yaitu dari kata Religie to reat carefuly. Cicero menyampaikan “DE Nat” “Deorum”.

Kata agama berasal dari bahasa sangsekerta yaitu a sama dengan tidak dan gama berarti kacau. Kaprikornus agama sama dengan tidak kacau.

Sultan Muhammad Zain

mengemukakan bahwa agama ialah kepercayaan kesaktian roh nenek moyang, yang kuasa dan Tuhan. Dalam presepsi WJS Poerwantana mengemukakan bahwa agama ialah segenap kepercayaan kepada Tuhan, dewa, serta dengan kebaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan itu.

Pada dasarnya pengertian agama banyak sekali, akan tetapi pada goresan pena ini spesialuntuk mempersembahkan beberapa intisari pengertian yang didiberikan oleh tokoh tersebut. Pengertian yang dimaksud ialah :
Agama ialah suatu sistem Creado (tata keimanan) atau tata keyakinan atas adanya sesuatu yang mutlak diluar manusia
Agama ialah suatu sistem ritus-ritus (tata peribadatan) insan kepada yang dianggap Yang Maha Mutlak itu
Agama ialah suatu sistem norma (tata kaidah) yang mengatur insan dengan insan lainnya dan alam semesta sesuai dengan jalan atau tata keimanan dan tata peribadatan.

Secara Umum

Secara umum ditinjau dari sumber, agama sanggup dikategorikan kedalam dua golongan besar yaitu : Agama samawi atau agama langit, agama wahyu, agama profis, atau din as-sunnah atau religion. Dan kedua ialah agama budaya atau agama bumi / agama filsafat / agama rakyu / Natural religion non-revalation religin