Pemprov Papua berencana bangun empat RS rujukan

Pemprov Papua berencana bangun empat RS rujukan

Pemprov Papua berencana bangun empat RS rujukan

 

Pemprov Papua berencana bangun empat RS rujukan

Biak (ANTARA News) – Pemerintah Provinsi Papua, pada tahun 2014, berencana membangun empat unit rumah sakit rujukan nasional yang tersebar di Biak, Nabire, Wamena dan Merauke dalam rangka menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan bagi penduduk setempat.

Penempatan Pembangunan RS Rujukan

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua Muhammad Abud Musaad di Biak, Kamis, mengatakan penempatan pembangunan rumah sakit rujukan sesuai dengan wilayah adat dan diharapkan bisa lebih menyentuh kebutuhan warga dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang cepat, berkualitas dan lengkap fasilitas.

“Kabupaten yang mendapat pembangunan rumah sakit rujukan hanya menyediakan lahan tanah, sementara untuk pembiayaannya disiapkan Pemprov Papua,” ungkap Muhammad Musaad.

Ia mengakui bahwa selama ini masyarakat Papua yang sakit karena penyakit tertentu harus dirujuk ke luar Papua sehingga memerlukan biaya, waktu dan penanganan yang lambat.

 

Dengan adanya fasilitas rumah sakit rujukan nasional,

lanjut Musaad, diharapkan pelayanan kesehatan bagi pasien yang mengalami sakit tertentu itu segera tertangani dengan cepat.

“Untuk penyediaan alat kesehatan rumah sakit rujukan nasional pihak Pemprov Papua akan meminta bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan,” ungkap mantan deputy Kemenpora ini.

 

Kebijakan Gubernur Pemprov Papua

Disinggung biaya untuk pembangunan rumah sakit rujukan, menurut Musaad, secara detail masih dihitung besaran kebutuhan anggarannya oleh konsultan yang ditunjuk.

Berdasarkan kebijakan Gubernur Lukas Enembe pada tahun 2014 Pemprov Papua menetapkan RS Umum Jayapura sebagai rumah sakit rujukan internasional.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :