Pemerintah Dikabarkan Akan Membentuk Badan Cyber Nasional

Pemerintah Dikabarkan Akan Membentuk Badan Cyber Nasional

Pemerintah Dikabarkan Akan Membentuk Badan Cyber Nasional

 

 Pemerintah Dikabarkan Akan Membentuk Badan Cyber Nasional
Pemerintah Dikabarkan Akan Membentuk Badan Cyber Nasional

Satu lagi inovasi yang akan dilakukan oleh jajaran Presiden Jokowi gais, yaitu

akan dibentuknya Badan Cyber Nasional. Sesuai dengan namanya, badan ini akan melindungi dunia cyber di tanah air agar aman.

Memang dunia cyber memiliki tingkat kerentanan yang tinggi, karena ada banyaknya hacker yang selalu usil untuk melakukan kejahatan di dunia cyber. Oleh karena hal itulah, sebelum terjadi masalah dalam dunia cyber, pemerintah ingin membentuk Badan Cyber Nasional ini.
Cyber Crime

Cyber Crime

Hal tersebut terungkap setelah beberapa hari yang lalu Presiden Jokowi menggelar rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Menurut bapak Ryamizard, pertemuan tersebut membahas tentang rencana untuk membentuk Badan Cyber Nasional.

Pembentukan Badan Cyber Nasional ini memang dirasa sangat penting, mengingat perkembangan dunia cyber saat ini sudah sangat pesat. Selain itu, pembentukan Badan Cyber Nasional ini juga untuk memperkuat pertahanan negara. Memang selama ini belum mengalami masalah, tapi pemerintah akan mengantisipasinya dengan cara membentuk Badan Cyber Nasional, masih kata Ryamizard seperti yang dikutip dalam Kompas.com.

Lantas kapan ya kira-kira Badan Cyber Nasional ini akan dibentuk? Menurut

rencana sih, diharapkan pada tahun 2016 mendatang Badan Cyber Nasional ini sudah terbentuk. Untuk membentuk Badan Cyber Nasional juga diperlukan peran Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Menurut Bapak Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika, Badan Cyber Nasional akan memiliki fungsi yang berbeda dengan Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID SIRTII). Jika ID SIRTII hanya melakukan monitoring sensor area internet public, maka Badan Cyber Nasional nantinya akan bertugas di sektor yang kritikal, seperti energi, perbankan, dan transportasi publik.

Menarik juga inovasi dari pemerintahan Jokowi untuk membentuk Badan

Cyber Nasional ini gais, karena dengan adanya badan tersebut maka dunia cyber dalam negeri akan aman. Semoga aja dalam pembentukan Badan Cyber Nasional ini tidak menemui kendala dan semoga aja badan ini cepat dibentuk.

Sumber:

https://excite.co.id/