Pembayaran dengan Aset persekutuan

Pembayaran dengan Aset persekutuan

Keluarnya sekutu dengan pembayaran dari aset  persekutuan merupakan transaksi yang melibatkan persekutuan.baik aset bersih maupun total modal persekutuan sama-sama berkurang. Menggunakan aset persekutuan untuk membayar hak kepemilikan sekutu yang keluar merupakan kebalikan dari penerimaan sekutu baru melalui investasi aset ke dalam persekutuan.

Kebanyakan perjanjian persekutuan menyebutkan bahwa besarnya nilai aset yang dibayarkan seharusnya berdasarkan nilai pasar yang wajar pada saat keluarnya sekutu. Ketika dasar penggunaan ini digunakan maka selisih yang timbul antara saldo nilai aset yang tercatat dalam persekutuan dengan nilai pasar wajar seharusnya (1) dicatat dengan jurnal penyesuaian (2) dialokasikan kepada seluruh sekutu dengan menggunakan dasar rasio laba.

2.12.Meninggalnya Sekutu

     Pada saat sekutu meninggal dunia maka akan membubarkan persekutuan. Ketika sekutu meninggal biasanya akun-akun persekutuan ditutup untuk menentukan ekuitas suku pada tanggal kematian. Hal tersebut dapat dilakukan dengan(1) menentukan laba atau rugi bersih hinggal tanggal kematian (2) menutup buku persekutuan (3) menyusun laporan keuangan.

baca juga :