Operasi Pasar Terbuka

Operasi Pasar Terbuka

Operasi pasar terbuka adalah cara mengendalikan uang yang beredar dengan menjual atau membeli surat berharga pemerintah.

2. Diskonto
Diskonto adalah pengaturan jumlah duit yang beredar dengan memainkan tingkat bunga bank sentral pada bank umum.

3. Rasio Cadangan Wajib
Rasio cadangan wajib adalah mengatur jumlah uang yang beredar dengan memainkan jumlah dana cadangan perbankan yang harus disimpan pada pemerintah.

c.       Kebijakan segi penawaran, bertujuan untuk mempertinggi efesiensi kegiatan perusahaan sehingga dapat menawarkan barangnya dengan harga yang lebih murah dengan mutu yang lebih baik.

Jenis jenis kebijakan dalam ekonomi mikro

a)      Kebijakan harga.pada saat tertentu terkadang terjadi gejolak yang menyebabkan keadaan pasar berubah ubah,contohnya permintaan yang besar daripada penawaran bahkan sebaliknya.disinilah preran pemerintah sangat di perlukan sebagai penengah antara konsumen dan produsen agar salah satu pihak tidak saling di rugikan baik itu  dari pihak produsen ataupun dari pihak konsumen

b)      Kebijakan harga terendah (floor price).kenbijakan ini adalah di mana harga yang berlaku di psar dia anggap terlalu rendah dan merugikan produsen,dalam hal ini,jumlah penawaran lebih besar dari jumlah permintaan sehingga menyebebkan kondisi surplus  di mana jumlah pasokan barang yang beredar di masyarakat  sangat banyak.sedangkan jumlah permintaan sangat sedikik sehingga menyebabkan kerugian yang besar bagi produsen itu sendiri.

c)      Kebijakan harga tertinggi(price ceiling) kebijakan ini di lakukan pemerintah apabila harga di pasar bebas dianggap terlalu tinggi  sehingg adi khawatirkan akan membawakan dampak yang tidak di inginkan seperti terjadi infalasi dan juga mempengaruhi pda kesejahteraan masyarakat.

HARGA MAKSIMUN MEMPENGARUHI :

1.      Menurunya harga

2.      Menciptakan kelebihan permintaan

3.      Berkurangnya penewaran

4.      Menurunya kwantitas yang diperjual belikan(shotage)

Tujuan kebijakan ekonomi mikro/makro

Tujuan di adakanya kebijakan ekonomi dalam sutu Negara karena pada dasarnya pemerintrah mengiginkan prekonomian didalam negaranya mengalami perubahan.

Kebijakan ekonomi makro yaitu bertujuan untuk menganilasa sejauh mana pengunaan sumber daya dalam kegiatan prekonomian menganalisa kestabilan prekonomian hususnya bidang  moneter,menganalisa pertumbuhan ekonomi

Tujuan kebijakan ekonomi mikro adalah untuk menganalisis pasar beserta mekanismenya yang membentuk harga yang relative kepada produk dan jasa,dan alokasi dari sumber terbatas diantara banyak pengunaan alternative.

Mamfaat kebijakan ekonomi mikro /makro

Mamfaat kebijakan ekonomi mikro/makro yang dilakukan oleh pemerintah dapat memberikan perubahan yang signifikan dalam artian menberikan perubahan di sector ekonomi mamfaat tersebut antara lain :

a)      Peningkatan kapasitas produksi nasional yang tinggi

b)      Tingkat pendapatgan nasional yang tinggi

c)      Keadaan prekonomian yang satabil

d)     Neraca pembayar luar negeri yang seimbang

e)      Distribusi pendapatan yang lebih merata

f)       Menciptakan prekonomian yang tinggi

g)      Tingkat kesemptan kerja(tingkat employment) yang tinggi

 Kebijakan Fiskal Kontraktif