Mobil terbang dunia nyata

Mobil terbang dunia nyata

Mobil terbang dunia nyata

Mobil terbang dunia nyata

  1. TFX

Sebuah perusahaan bernama Terrafugia yang berbasis di Woburn, Massachusetts, Amerika Serikat, berambisi mewujudkan kendaraan yang fleksibel itu.

Dilansir Sciencealert, tim alumni Institut Teknologi Massachusetts, Amerika Serikat, telah mengembangkan prototipe mobil terbang baru yang mereka beri nama TF-X.

Mobil terbang TF-X diklaim cocok untuk lingkungan kota yang sempit dengan ruang dan penuh dengan kemacetan. Sebab mobil terbang ini diperkirakan bakal mampu menjalani take off dan landing secara vertikal.

Dalam video demo, mobil ini nantinya tak butuh jalur run away laiknya pesawat guna mengudara. Pada video prototipe juga ditampilkan, mobil terbang mengudara dengan mengandalkan sayap hibrid dan propelan seperti pada pesawat terbang.

Mobil ini juga dengan fleksibel dapat berubah menjadi mobil begitu mendarat, untuk kemudian melaju di jalanan.

TF-X diplot hanya berkapasitas empat penumpang, dapat diparkir dalam gudang mobil, karena bentang mobil ini tak begitu luas, hanya sebesar mobil pada umumnya. TF-X dapat menjelajah sejauh 800 Km
untuk sekali perjalanan dengan kecepatan mencapai 320 Km per jam. Menariknya, daya mesin TF-X nantinya bisa diisi ulang dengan baterai.

Mobil terbang ini disebutkan bakal muncul di pasaran dalam 10 tahun ke depan. Untuk harganya masih tinggi, disebutkan setara dengan mobil mewah dunia. Tapi perusahaan menjanjikan ada opsi mobil terbang yang terjangkau.

  1. Aeromobil

Aeromobil merupakan mobil terbang yang berhasil diwujudkan oleh sebuah perusahaan asal Slovakia. Mobil ini memang sengaja dibuat sebagai kendaraan masa depan di planet ini.

Menurut Juru bicara AeroMobil, Tatiana Veber, seperti dilansir Rushlane, kendaraan terbang yang memiliki sayap terlipat ini telah mengadopsi teknologi, baik mobil dan pesawat. AeroMobil diklaim semakin menarik karena menggunakan bahan bakar standar untuk pengisian mobil pada umumnya.

Menurutnya, mobil ini dibangun dengan bahan bakar biasa untuk mesin Rotax 912 ULS. Ia menjelaskan, Aeromobil generasi ketiga ini adalah mobil terbang yang dapat mengudara sejauh 700 kilometer dengan tangki penuh. Saat sayapnya terlipat, ukuran mobil terbang ini cukup di satu posisi parkir.

baca juga