Memilih Jenis Bunga Yang Baik

Memilih Jenis Bunga Yang Baik

Memilih Jenis Bunga Yang Baik

Memilih Jenis Bunga Yang Baik
Memilih Jenis Bunga Yang Baik

Pemilihan Jenis Bunga

Sebelum melakukan budidaya bunga alangkah baiknya kita menentukan terlebih dahulu jenis bunga yang akan ditanam. Diantaranya yang harus dilakukan dalam pemilihan jenis bunga adalah:
Pilihlah jenis bunga yang bernilai lebih secara ekonomis di pasaran, lihat dulu permintaan pasar atau peminat bunga tersebut namun tetap memperhatikan harga beli, harga perawatan dan harga jualnya.
Memilih jenis bunga yang sepanjang waktu laku dan bernilai tinggi.
Memilih jenis bunga yang mudah ditanam dan dalam perawatan sehingga akan meminimalisir biaya perawatan.
Biasanya bunga selalu musiman, dan mengikuti perkembangan jaman, bisa saja bunga yang hari ini tidak

Jenis Bunga Populer Di Indonesia

Ada beberapa jenis bunga yang populer di Indonesia diantaranya adalah:
Mawar: Bunga mawar cukup banyak peminatnya, bunga yang memiliki banyak varian warna ini digunakan sebagai bunga hias ataupun sebagai sebuah kado sehingga bunga dirangkai sedemikian rupa.
Anggrek. Anggrek merupakan tanaman epifit, namun saat ini anggrek banyak dibudidayakan dengan menggunakan media pota atau media lainnya. Keindahan warna yang disajikan oleh anggrek cukup menggoda, sehingg sampai saat ini tak surut pecinta anggrek di Indonesia.
Adenium, Bunga yang mirip dengan kamboja ini juga tak kalah banyak peminatnya. Adenium juga sangat mudah dibudidayakan.
Euphorbia, Sejenis kaktus ini sangat indah, warna dan varian bentuk bunga ini menjadikan bunga ini banyak diminati, perawatannya juga sangat mudah.
Bunga Kertas (bougenvile), Dengan penggabungan warna dengan cara stek menjadikan bunga ini lebih menarik, sehingga bunga yang dulu sempat meredup ini kembali ramai.
Melati, Pasar melati tak pernah redup, selain ada sebagian orang yang memang selalu membutuhkan melati, bunga ini juga memiliki harum yang khas.

Penentuan Jenis Bunga

Setelah mengetahui jenis-jenis bunga yang potensial dan populer di Indonesia, tahap selanjutnya adalah menentukan jenis bunga yang akan ditanam dan dibudidayakan, yang harus dilakukan dalam penentuan jenis bunga yang akan dibudidayakan adalah :
Mengetahui kemauan pasar, atau melakukan riset pasar terlebih dahulu
Mengetahui jenis bunga yang sedang ngetrend
Menentukan jenis bunga yang cocok dengan kondisi iklim dan tanah sekitar.

Baca Juga: