Manfaat Melukis bagi perkembangan anak Usia Dini

Manfaat Melukis bagi perkembangan anak Usia Dini

Manfaat Melukis bagi perkembangan anak Usia DiniManfaat Melukis bagi perkembangan anak Usia Dini

melukis pada anak Usia Dini mempunyai banyak manfaat yang didapatnya. Berikut adalah manfaat melukis bagi perkembangan anak adalah sebagai berikut :

Manfaat Melukis bagi perkembangan anak Usia Dini

Melukis sebagai alat bercerita (bahasa visual/bentuk)

Melukis sebagai media anak untuk bercerita. dan sebagai alat berkomunikasi pada orang lain tentang pengalaman anak dan diwujudkan dalam karya yang dibuatnya. Sebuah karya lukisannya yang kadang tidak berbentuk, susah dipahami orang lain tetapi buat anak sebagai ungkapan isi cerita yang ingin disampaikan.

Melukis berfungsi sebagai alat bermain
Melukis bagi anak sebagai alat untuk bermain, warna yang digunakan anak sering kali untuk media bermain. Permainan warna dengan berbagai teknik seperti meniup, menumpahkan warna, menempel, mengecap atau mencetak yang dapat mengubah suatu bentuk yang bermakna.

Melukis melatih ingatan
Melukis berfungsi sebagai gambaran bayangan hal yang ada dalam pikiran pelukis. Pengalaman yang menyedihkan kadang menjengkelkan dan pengalaman yang bahagia menjadikan ingatan bagi anak dan semua ingatan itu akan dimunculkan saat anak melukis.

Melukis melatih berfikir komprehensif (menyeluruh)
Melukis berfungsi sebagai media mengemas sebuah peristiwa, bentuk rasa dalam catatan visual. Para ahli mengemukakan bahwa melukis sebagai bahasa visual, catatan kejadian dituangkan dalam catatan bergambar, mempunyai nilai nalar tinggi yang berupa pengembangan daya tangkap komprehensif dan mengungkapkan secara sistematis namun ekspresif.

Melukis mengembangkan rasa kesetiakawanan sosial yang tinggi
Melukis merupakan kegiatan anak untuk menceritakan atau diskusi kepada temannya, dengan kegiatan yang bervariasi guru dapat melakukan tindakan preventif. Tindakan preventif adalah upaya guru agar anak tidak menganggu kegiatan teman lain saat melukis atau menggambar dapat dilakukan pencegahan dan penyadarkan bahwa kegiatan teman yang lain akan macet saat berkarya. Anak dapat mempelajari hak teman lain saat melukis atau sesuai kebutuhan.

Melukis sebagai media mencurahkan perasaan
Melukis bagi anak merupakan curahan perasaan yang dituangkan dalam bentuk dan warna dilukisan mereka. Bagi anak warna yang digunakan kontraks, kombinasi dan susunan warna sebagai simbol menyatakan sesuatu. Pemilihan warna yang digunakan saat melukis terletak dimana seseorang tinggal daerah kota, pengunungan dan di pantai. Kebanyakan mereka senang dengan kegiatan kesenian yang dapat menuangkan perasaan, renungan dalam simbol-simbol abstrak.

Melukis sebagai media sublimasi perasaan
Melukis berfungsi sebagai media mencurahkan ungkapan perasaan terhadap peristiwa melalui warna yang digabungkan pada gambar terhadap peristiwa dengan tambahan warna untuk menggambarkan sebuah kejadian. Peristiwa ini sebagai bentuk kejujuran atas kejadian dan sekaligus merupakan catatan terhadap kejadian yang ada.

Melukis melatih kreativitas anak
Melukis berfungsi kegiatan berfikir anak untuk menyimbolkan gerakan pengalaman baru yang pernah terjadi, dan dapat menuangkan ide yang tinggi, imajinasi yang bagus. Cara berfikir anak dan cita-cita anak.

Melukis melatih keseimbangan
Melukis adalah menyusun bentuk dan warna. Warna dan bentuk dapat kita artikan yaitu warna melambangkan ungkapan perasaan, bentuk melambangkan pikiran, tetapi ini semua dapat terbalik sesuai peristiwa yang terjadi. Secara keseluruhan cara membayangkan sesuatu oleh anak dianggap sebagai menyeimbangkan antara otak dan emosi, sebab pikiran dan perasaan anak masih menyatu.

 

Sumber: https://desaingrafis.co.id/ada-bahasa-indonesia-di-peluncuran-global-samsung-galaxy-note-8/