Manfaat Kontrak Futures

Manfaat Kontrak Futures

Manfaat Kontrak Futures
Manfaat Kontrak Futures
a) Futures sebagai lindung nilai
Manfaat utama yang diberikan kontrak futures adalah untuk melindungi nilai (hedging) aset yang dijadikan patokan dari ancaman risiko ketidakpastian perubahan harga di masa depan. Pihak yang melakukan transaksi dalam kontrak futures untuk tujuan lindung nilai (hedging) disebut sebagai para hedger. Para hedger ini bisa melakukan kegiatan perdagangan komoditi secara fisik dan juga memanfaatkan kontrak futures untuk mengurangi risiko perubahan harga di masa depan. Para hedger ini biasanya terdiri dari para produsen, maupun para pedagang komoditi.
Ada dua alternatif posisi yang bisa dilakukan investor yaitu sebagai berikut ini.
1) Short hedge (menjual futures)
Investor yang mengambil posisi ini mempunyai komoditi atau aset yang menjadi underlying dalam kontrak futures yang akan dijualnya secara fisik. Dengan menjual futures maka investor akan terlindung dari risiko penurunan harga yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang, sebagai akibat fluktuasi harga komoditi di masa depan.
2) Long hedge (membeli futures)
Pada posisi ini investor tidak memiliki komoditi atau aset yang menjadi underlying pada kontrak futures yang akan dibelinya. Hal ini dilakukan investor yang berkeinginan untuk memiliki komoditi atau aset tersebut di masa datang, sehingga dengan cara membeli kontrak futures terhadap komoditi atau aset tersebut, maka investor dapat terlindung dari risiko kenaikan harga di masa yang akan datang.
Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam melakukan proses lindung nilai (hedging) adalah basis risk. Basis adalah perbedaan antara harga di pasar spot dengan harga futures dari aset atau komoditi yang akan dilindungi.
Basis = Harga Spot – Harga Futures
Fluktuasi basis tidak dapat diprediksikan dan tidak konstan selama periode kontrak futures. Risiko basis adalah risiko yang dihadapi para hedger karena adanya perubahan basis yang tidak diharapkan. Pada saat maturitas, besarnya basis akan sama dengan nol, karena harga spot pada saat itu akan sama dengan harga futures.
b) Futures sebagai sarana spekulasi
Manfaat lain dari transaksi kontrak futures adalah sebagai ajang spekulasi untuk memperoleh keuntungan dari perubahan harga yang terjadi. Pihak-pihak yang melakukan transaksi kontrak futures untuk tujuan spekulasi disebut sebagai spekulator. Bagi seorang spekulator, salah satu cara tercepat untuk memperoleh keuntungan adalah dengan cara membeli pada saat harga rendah dan menjual ketika harga tinggi. Keberadaan spekulator ini menjadikan pasar lebih likuid.