Manajemen Administrasi

Manajemen Administrasi

            Manajemen administrasi adalah memberi perhatian pada pemberian layanan di bidang administrasi. Untuk itu perlu diperhatikan hal-hal berikut.

  1. Pengadministrasian kegiatan

Bentuk pengadministrasian kegiatan adalah bahwa setiap bagian masih mempunyai hubungan dengan bagian administrasi,baik  menyangkut data kepegawaian,hubungan ke luar,hubungan dengan pemerintah,maupun hubungan jaringan komputer pusat dengan bagian-bagian lain.

  1. Pemakaian alat-alat perkantoran

Pemakaian alat-alat kantor harus efektif dan efesien agar dapat menunjang kemajuan organisasi. Setiiap bagian harus diatur untuk menggunakan  berbagai peralatan yang ada.

5

  1. Pemeliharaan Organisasi

Manajemen Administrasi harus memikirkan keserahisan efektivitas organisasi secara keseluruhan. Berkaitan dengan itu,manajemen administrasi harus dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan seperti data akutansi dalam pengambilan keputusan ekonomi. Agar dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan,manajemen administrasi juga harus melakukan pengarsipan yang baik. Arsip harus di kelola sedemikian rupa sehingga setiap orang yang membutuhkan informasi dapat memperolehnya. Dengan informasi yang lengkap,organisasi dapat beroperasi dengan baik.

  1. Penerapan Fungsi Manajemen Dalam Kegiatan Sekolah Dibidang OSIS

          Osis adalah kependekatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Kata “Organisasi”. Osis merupakan kelompok kerja sama antar pribadi yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama.Osis dibentuk dalam usaha mencapai terwujudnya pembinaan kesiswaan. Siswa adalah peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, yaitu SMP dan SMA dan yang Setara. Kata “Intra” menunjukan bahwa OSIS adalah suatu organisasi siswa yang ada didalam dan dilingkungan suatu sekolah.Keberdaan OSIS disuatu sekolah tidak ada kaitan dengan OSIS yang ada disekolah lain.Kata “ Sekolah” menunjukan satuan pendidikan tempat penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar secara berjenjang dan berkesinambungan.

                OSIS merupakan satu-satunya wadah kegiatan siswa. Untuk  mewujudkan fungsinya sebagai wadah,OSIS selalu bersama-sama dengan jalur yang lain dalam mengadakan latihan kepemimpinan ,ekstrakulikuler,dan wawasan wiyatamandala.

sumber :