Malaikat di Sekitar Kita, Malaikat Pencatat Amal Baik dan Amal Buruk

Malaikat di Sekitar Kita, Malaikat Pencatat Amal Baik dan Amal Buruk

Malaikat di Sekitar Kita, Malaikat Pencatat Amal Baik dan Amal Buruk

Malaikat di Sekitar Kita, Malaikat Pencatat Amal Baik dan Amal Buruk
Malaikat di Sekitar Kita, Malaikat Pencatat Amal Baik dan Amal Buruk
Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang malaikat. Malaikat adalah mahluk yang diciptakan oleh Allah SWT dengan keistimewaan-keistimewaan yang dimilikinya, diantaranya tidak terlihat oleh kasat mata, tidak pernah melakukan kesalahan apalagi berbuat dosa, dan Allah menciptakannya hanya untuk menyembah dan patuh atas segala perintah-Nya. Pada hakekatnya malikat yang ada disekitar kita jumlah banyak, dan ada malaikat yang sangat dekat dan ditakuti oleh manusai, lebih jelasnya kita simak berikut ini.

Malaikat Kiraman Katiban

Dalam sebuah hadits, disebutkan bahwa setiap manusia selalu disertai oleh dua malaikat, yaitu satu malaikat yang berada di sebelah kanannya sebagai pencatat dari segala amal kebaikan tanpa disaksikan yang lain. Dan malaikat yang kedua berada disebelah kirinya sebagai pencatat dari segala amal kejelekannya dan tidaklah dicatat segala amal kejelekan tersebut sebelum disaksikan oleh malaikat yang berada di sebelah kanan. Apabila seorang manusia sedang duduk, maka malaikat yang satu berada disebelah kanannya dan satunya lagi berada disebelah kirinya. Apabila manusia sedang berjalan, maka malaikat yang satu berada disebelah mukanya dan yang satunya lagi berada di belakang. Dan apabila seorang manusia sedang tidur, maka malaikat yang satu berada di atas kepalanya dan yang satunya lagi berada di bawah kakinya.
Disebutkan pula dalam hadits yang lain, bahwa ada lima malaikat yang serupa dengan dua malaikat tersebut. Yaitu dua malaikat yang selalu menyertai manusia di waktu malam hari , dua malaikat yang selalu menyertai manusia di waktu siang hari dan satu malaikat lagi yang tidak pernah terpisahkan dari seorang manusia.
Hal ini diterangkan dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra’d : 11 yang artinya sebagai berikut: “Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah”.

Maksud dari Firman Allah SWT di atas adalah malaikat yang menyertai manusia, jin serta syetan pada waktu siang dan malam. Sedangkan dua malaikat yang mencatat amal kebaikan dan kejelekan berada di antara dua bahu manusaia. Lidah sebagai pena bagi kedua malaikat tersebut, mulut sebagai tempat tintanya dan air ludah sebagai tintanya. Kedua malaikat itu mencatat amal perbuatan setiap manusia sampai waktu ajalnya tiba.

Hadits

Ada sebuah hadits yang meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda: “Sesungguhnya pencatat amal perbuatan pada sebelah kanan dipercayai oleh pencatat amal perbuatan sebelah kiri yang mencatat amal kejelekan seorang hamba. Dan ketika seorang hamba melakukan kejelekan di saat malaikat sebelah kiri akan mencatat kejelekannya, maka berkatalah malaikat sebelah kanan: “Tahanlah dulu sebentar”. Lalu malaikat sebelah kiri menahannya selama 7 jam. Apabila hamba tersebut memohon ampun kepada Allah SWT, maka malaikat yang sebelah kiri tidak akan mencatat kejelekannya. Dan apabila hamba tersebut tidak memohon ampun kepada Allah SWT selama 7 jam itu, maka malaikat yang sebelah kiri akan mencatat kejelekannya.

Jika telah dicabut ruh dari jasad seorang hamba, kemudian jasad tersebut diletakkan dalam kubur, maka malaikat Kiraman Katibin berkata: “Ya Tuhan kami, telah Engkau serahkan hamba-Mu kepada kami, telah kami tulis segala amal perbuatannya dan Engkau cabut ruhnya, maka izinkanlah kami naik ke langit”. Lalu Allah SWT berfirman: “Langit ini telah dipenuhi oleh para malaikat yang sama membaca Tasbih, maka kembalilah kalian berdua dan bacalah Tasbih untuk-Ku di atas kubur hamba-Ku, bacalah Takbir dan Tahlil serta tulislah semua itu untuk hamba-Ku hingga Aku membangunkan dia dari kuburnya”.

Kedua malaikat

itu disebut dengan nama malaikat Kiraman Katibin adalah karena apabila mereka telah mencatat suatu amal kebaikan, maka mereka membawa catatan itu naik ke langit dan mereka tunjukkan kepada Allah SWT dan mereka bersaksi atas kebaikan-kebaikan itu seraya berkata: “Sesungguhnya hamba-Mu yang bernama Fulan telah melakukan suatu kebaikan”.

Dan apabila mereka telah mencatat suatu amal kejelekan dari seorang hamba, maka mereka membawa catatan amal kejelekan itu naik ke langit dan mereka menunjukkan kepada Allah SWT dengan penuh kesusahan dan penyesalan. Kemudian Allah SWT berfirman: “Wahai malaikat Kiraman Katibin, apa yang telah dilakukan oleh hamba-Ku?”. Mendengar pertanyaan itu, tidak ada satu malaikat pun yang menjawab melainkan mereka hanya tertunduk dan diam. Kemudian Allah SWT mengulangi pertanyaan itu kedua kalinya sampai ketiga kalinya. Akhirnya mereka menjawab: “Wahai Tuhan kami, Engkaulah adalah Dzat yang menutupi segala kekurangan dari mereka. Sesungguhnya mereka itu sama membaca kitab-Mu setiap hari dan mengharap kekurangan itu tertutup oleh kami”. Kemudian hamba tersebut berkata: “Yang mulia (disis Allah) dan yang mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu) mereka mengetahui apa yang telah kau kerjakan”.

Maka sesungguhnya kami ini menutupi kekurangan-kekurangan dari para hamba dan Engkau adalah Dzat Yang Maha mengetahui atas segala kekurangan mereka. Demikianlah tentang malaikat yang ada disekitar kita, semoga bermanfaat. Amin.

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/