LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Pendahuluan (10 menit)
  • Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
  • Siswa menyiapkan LKS atau buku tajwid, membuka pelajaran yang akan dipelajari.
  • Secara bersama membaca materi Hukum Nun Mati atau Tanwin dan Mim Mati
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
  • Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran
  1. Kegiatan inti (50 menit)

1)      Eksplorasi

  • Guru menjelaskan materi tentang hukum bacaan nun mati atau tanwin dan mim mati
  • Guru menjelaskan apa yang harus dilakukan oleh siswa untuk mempraktekkan contoh hukum bacaan nun nun mati atau tanwin dan mim mati.
  • Guru mengucapkan contoh bacaan nun mati atau tanwin dan mim mati
  • Siswa mempraktekkan  ucapan guru tentang contoh nun mati atau tanwin dan mim mati dengan baik dan benar.
  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk siswa diberikan kesempatan untuk mengulang kembali apa yang telah dijelaskan dan di praktekkan.

2)      Elaborasi

  • Guru memberikan latihan bagaimana cara memebaca contoh kalimat dari bacaan nun mati atau tanwin dan mim mati
  • Latihan tersebut dilakukan secara berulang-ulang agar siswa benar-benar faham dan fasih dalam mengucapkan contoh bacaan nun mati atau tanwin dan mim mati.
  • guru memberikan sebuah permainan yang berbentuk tongkat.
  • Dimana guru memberikan benda tersebut kepada siswa
  • guru memberikan sebuah permainan yang berbentuk tongkat.
  • Dimana guru memberikan benda tersebut kepada siswa
  • Setelah itu benda tersebut dijalankan dan sewaktu-waktu guru memberhentikan maka benda tersebut akan berhenti
  • siswa yang memegang benda tersebut maka guru akan memberikan sebuah pertanyaan tentang bacaan nun mati atau tanwin dan mim mati dan siswa harus
  • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
  • Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.

3)      Konfirmasi

  • Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
  • Guru memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi agar siswa membaca Al-Qur’an dengan kaidah-kaidah tajwid yang telah ditetapkan.
  • Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
  1. Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
  • Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
  • Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
  • Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
  • Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

sumber :

https://scorpionchildofficial.com/seva-mobil-bekas/