Kumpulan Contoh Teks Prosedur

Kumpulan Contoh Teks Prosedur

Kumpulan Contoh Teks Prosedur

Kumpulan Contoh Teks Prosedur
Kumpulan Contoh Teks Prosedur

Contoh Teks Prosedur Kompleks (1)

Cara Mencuci Pakaian dengan Benar
Mencuci pakaian ialah rutinitas yang biasa kita lakukan sehari-hari. Ini merupakan kegiatan yang gampang dan tampak sepele. Kendati demikian, ada banyak hal yang harus kita perhatikan biar pakaian yang dicuci menjadi benar-benar higienis dan tidak rusak akhir kesalahan-kesalahan tertentu. Berikut ini, saya akan memperlihatkan langkah-langkah wacana bagaimana cara mencuci pakaian memakai mesin basuh dengan benar.

1. Taruh pakaian yang akan dicuci ke dalam mesin cuci

Mesin cuci, secara umum memiliki dua sisi. Sisi sebelah kiri merupakan bab yang lebih besar dan digunakan untuk mencuci pakaian Anda. Sementara itu, sisi kanan yang memiliki lubang lebih kecil digunakan untuk mengeringkan pakaian yang telah dicuci.

Pertama, tentu Anda harus mencuci terlebih dahulu. Masukkan pakaian-pakaian ke dalam sisi sebelah kiri. Pastikan tidak ada satupun pakaian yang luntur alasannya ialah warnanya sanggup bercampur antara satu dengan yang lainnya. Kemudian, Anda juga harus memisahkan pakaian yang gampang melar. pakaian-pakaian yang gampang melar menyerupai sweater akan jelek kesudahannya apabila dicuci memakai mesin. Cara mencuci menyerupai itu akan menghasilkan pakaian yang benar-benar melar dan sudah barang tentu tak indah lagi dipandang serta tak nyaman dipakai.

2. Isi air secukupnya

Beri air secukupnya pada sisi kiri dimana Anda telah memasukkan pakaian tadi. Air secukupnya yang dimaksud ialah air tersebut telah menenggelamkan seluruh pakaian. Setelah air dirasa cukup, beri detergen secukupnya dan putar tombol ke arah waktu 10 menit. Nantinya turbin yang ada di dalam mesin basuh akan bergerak memutar dan menggerakkan pakaian Anda.

10 menit kemudian, buang air cucian tersebut dengan memutar tombol ke arah “drain”. Setelah pembuangan air selesai, Anda harus memutar tombol tersebut ke arah semula dan isi kembali air sesuai dengan dosis awal tadi. Putar tombol ke arah 10 menit dan biarkan. Ulangi proses tersebut selama 3 kali dengan tujuan biar pakaian Anda higienis dan bebas dari bubuk atau kotoran yang menempel.

3. Keringkan pakaian

Buka epilog sisi bab kanan dan ambil pakaian. Masukkan pakaian ke sisi kanan, tutup rapat, dan putar tombol yang ada di bab atas pengering. Putar hingga ke angka 5, yang berarti prosesnya akan berjalan selama 5 menit. Lakukan proses ini satu kali saja, kemudian jemur pakaian yang telah dikeringkan.

Contoh Teks Prosedur Kompleks (2)

Cara Menyambungkan Komputer dengan Internet Menggunakan Modem Eksternal

Dewasa ini, internet merupakan media paling revolusioner. Banyak pengembangan-pengembangan pada internet, salah satunya ialah perkembangan jalan masuk internet memakai modem eksternal. Bagaimana cara menyambungkan internet memakai Modem ?

Berikut langkah-langkahnya :

Pertama, siapkan satu unit computer dan modem eksternal usahakan modem dalam keadaan baik dan sudah diisi pulsa. Pastikan juga terdapat port yang sanggup digunakan untuk menyambungkan modem dan pastikan pula, computer menyala. Jika modem dan computer siap, colokkan modem pada port. Lalu computer akan secara otomatis mendeteksi keberadaan modem.

Selanjutnya, bila modem sudah terdeteksi maka aktivitas modem akan muncul dan kita bias pribadi menyambungkan computer ke internet. Namun, bila aktivitas modem belum terinstal maka kita harus menginstalnya terlebih dahulu. Bukalah modem, kemudian klik setup installer modem (program untuk menginstal modem). Selanjutnya, tunggu hingga proses pemasangan selesai dan aktivitas modem siap digunakan.

Lalu, bukalah aktivitas modem dan klik “connect” untuk memulai proses penyambungan. Setelah proses penyambungan berhasil maka internet siap digunakan.

Baca Juga: