Kualifikasi tenaga kerja yang minim

Kualifikasi tenaga kerja yang minim

Kualifikasi tenaga kerja yang terbatas membuat suatu Indonesia sulit untuk berkembang. Oleh sebab itu diperlukan sarana yang dapat meningkatkan kualifikasi seorang tenaga kerja seperti membuka pelatihan kerja serta memberikan kesempatan untuk  para pekerja untuk berkarya dan berinovasi agar dapat menghasilkan suatu ide atau buah pikiran yang baru yang dapat menghasilkan keuntungan ataupun hasil.

12)  Kurangnya tenaga ahli

Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau dan memiliki potensi akan sumber daya alam yang sangat besar, tetapi hambatan teknologi ataupun tenaga ahli yang kurang maka Indonesia belum bisa memaksimalkan pengunan sumber daya alam untuk menghasilkan keuntungan dan memakmurkan kehidupan rakyat Indonesia.

13)  Ketidakstabilan antara tingkat natalitas dan mortalitas serta  migrasi penduduk

Natalitas adalah tingkat kelahiran penduduk sedangkan mortalitas adalah tingkat kematian penduduk. Ketidakstabilan natalitas dan mortalitas dapat menyebabkan suatu negara sulit untuk mengawasi penduduknya dan migrasi penduduk yang salah dapat menyebabkan suatu daerah tempat yang sudah padat semakin padat dan tempat yang sepi malah ditinggalin penduduknya, hal tersebut dapat menyebabkan persebaran penduduk yang tidak merata dan dapat menimbulkan terjadi ketimpangan di bidang ekonomi dan dapat membuat pangan di daerah/ tempat tersebut semakin langka. Oleh sebab itu, pemerintah perlu mengambil tindakan untuk terus mengawasi persebaran penduduk serta tingkat kelahiran dan kematian penduduk.

sumber :