KTNA Siapkan Berbagai Bibit Gratis

KTNA Siapkan Berbagai Bibit Gratis

KTNA Siapkan Berbagai Bibit Gratis

 

KTNA Siapkan Berbagai Bibit Gratis

Kegiatan sistem tanam

Untuk mendukung kegiatan sistem tanam tumpang sari (Agriforestry) 1:1 dengan menggunakan metode Agriculture Base Community Development Environment (ABCDE) atau Pengembangan Kelompok Masyarakat Berbudaya Lingkungan Berbasis Pertanian, telah disiapkan secara gratis bibit pohon oleh Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Bogor.

Bibit-bibit pohon yang telah disiapkan KTNA ini

Disebutkan Kepala Bidang (Kabid) Penyuluhan pada Dinas Pertanian (Distani) Kota Bogor Dian Herdiawan, Kamis (01/03/2018), diantaranya adalah bibit pohon Durian Matahari, bibit pohon Alpukat Hawaii Jumbo, dan bibit pohon Rambutan Brahrang.

“KTNA Kota Bogor ini menyediakan bibit pohon dimaksud secara gratis untuk 68 Kelurahan di Kota Bogor. Harapan ke depannya ada 68 kelurahan penghasil buah,” kata Dian.

Zona Tematik Kampung Buah Tertentu

Dengan dibentuknya Zona Tematik Kampung Buah Tertentu itu, ia mengatakan, seperti halnya Kelurahan Cipaku supaya warga di kelurahan lainnya untuk mengadakan rembug warga dan menentukan tematik buahnya.

“Nantinya dari hasil rembug warga dan sudah menentukan tematik buahnya, bisa langsung diusulkan ke Distani untuk dibentuk Zona Kelurahan Tematik buahnya,” tuturnya.

Dian mencontohkan Kelurahan Cipaku

Kelurahan Sukasari, dan Kelurahan Kencana misalnya, dengan tematiknya buah alpukat. Masyarakat di ketiga kelurahan tersebut diarahkan untuk menanam alpukat. Maka, sambungnya, saat masa panen masyarakat sudah mengetahui dan akan tergiring jika mencari buah alpukat pasti akan ke Kelurahan Cipaku, Sukasari, dan Kelurahan Kencana.

“Contoh lainnya Kelurahan Rancamaya, Kelurahan Kedungbadak, dan Kelurahan Ciparigi tematiknya buah durian. Maka saat panen atau musimnya, opini masyarakat sudah tergiring kalau mencari durian pasti ke Rancamaya, Kedungbadak dan Ciparigi. Begitu juga buah rambutan dan lainnya,” pungkasnya.

Sumber : https://www.ayoksinau.com/