Klasifikasi Koperasi

Klasifikasi Koperasi

D.     Klasifikasi Koperasi

  1. Klasifikasi Koperasi Menurut Fungsinya
  2. Koperasi Konsumsi (Pembelian)

Koperasi konsumsi adalah koperasi yang fungsinya untuk membeli atau pengadaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan anggotanya sebagai konsumen.

  1. Koperasi Distribusi (pemasaran)

Koperasi Distribusi atau penjualan atau pemasaran adalah koperasi yang fungsinya untuk mendistribusikan barang dimana anggotanya berperan sebagai penjual barang dan jasa kepada konsumen. Anggota koperasi berperan sebagai pemasok barang atau jasa.

  1. Koperasi Produksi

Koperasi produksi adalah koperasi yang fungsinya untuk menghasilkan barang dan jasa dimana anggotanya bekerja sebagai pegawai atau karyaan yang akan menghasilkan suatu produk tertentu. Produk ini kemudian akan diserahkan kepada distributor untuk dijual kepada konsumen.

  1. Koperasi Jasa

Jasa adalah koperasi yang fungsinya untuk penyelenggaraan atau pelayanan jasa yang dibutuhkan oleh anggotanya. Anggota koperasi jasa berperan sebagai pemilik dan pengguna layanan jasa koperasi.

Koperasi yang menjalankan hanya salah satu dari beberapa fungsi di atas disebut koperasi tunggal, sedangkan koperasi yang menjalankan lebih dari satu fungsi diatas disebut koperasi serba usaha.

  1. Klasifikasi Koperasi Menurut Tingkat dan Luas Daerah Kerjanya
  2. Koperasi primer adalah koperasi yang anggotanya minimal adalah 20 individu.
  3. Koperasi Sekunder adalah koperasi yang terbentuk dari gabungan badan-badan koperasi sehingga memiliki cakupan wilayah yang luas dan anggota yang banyak jika dibandingkan koperasi primer.

Koperasi sekunder dapat dibagi lagi menjadi :

  • Koperasi pusat, yaitu koperasi yang anggotanya minimal 5 koperasi primer.
  • Koperasi Gabungan, merupakan koperasi yang anggotanya paling sedikit 5 koperasi primer.
  • Koperasi Induk, merupakan koperasi yang anggotany terdiri dari minimal 3 koperasi gabungan.
  1. Klasifikasi Koperasi Menurut Status Keanggotaannya
  2. Koperasi Produsen  adalah koperasi yang anggotanya berperan sebagai produsen (menghasilkan suatu barang atau jasa tertentu.
  3.  Koperasi Konsumen adalah koperasi yang anggotanya berperan sebagai konsumen yang menggunakan atau membeli barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya.

 

SHU Koperasi Pemasaran