Keunikan Musik Mancanegara

Keunikan Musik Mancanegara

Keunikan mancanegara dapat dilihat dari jenis aliran musiknya. Sebagai contoh, musik jazz. Musikm ini memiliki karakter yang khas, yaitu permainan improvisasi yang menonjol. Munculnya ide atau gagasan melodi tersebut tanpa dipersiapkan terlebih dahulu.. improvisasi yang sering dilakukan pada musik jazz, yaitu penggunaan nada-nada sinkop dan penggunaan tangga nada yang sering bukan merupakan akor yang sedang dimainkan. Keunikan “simponi No. 5” karya L. V. Beethoven terletak pada ide dasar penciptaannya, yaitu penggunaan motif melodi pendek dan sederhana. Motif tersebut diulang-ulang dengan pengembangan sehingga membentuk sebuah karya musik yang indah.

F. Peranan Musik Mancanegara di Masyarakat

Secara umum, musik bagi manusia memiliki peranan yang bersifat psikologis (jiwa manusia), sosiologis (kehidupan sehari-hari), pendagogis (pendidikan), dan kultural (kebudayaan manusia). Musik mancanegara memiliki peranan dalam kehidupan masyarakat, misalnya pada musik klasik dapat digunakan sebagai sarana peningkatan kecerdasan. Selain untuk kecerdasan, musik juga memiliki peranan dalam bidang terapi kesehatan. Selain itu, musik juga berperan untuk membantu pasien autisme. Oleh para terapis musik, pasien tersebut diajak untuk mengekspresikan diri dengan menggunakan bunyi-bunyian musik.



BAB III

PENUTUP

A.              Kesimpulan

dari hasil pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dalam sejarah, musik barat disusun atas perkembangan teknik, komposisi, dan praktik permainan musik pada segmen zaman dan gaya musik. Menurut sejarahnya, musik mancanegara dikelompokan menjadi delapan zaman. Ragam musik mancanegara di luar Asia dikelompokan berdasarkan fungsi, media, dan alirannya. Musik mancanegara juga memiliki peranan dalam kehidupan masyarakat.

B.              Saran

Dari kesimpulan di atas, penulis mengemukakan saran terutama yang menjadi objek permasalahan dalam makalah ini antara lain :

1.   meskipun telah dijelaskan bagaimana sejarah lahirnya musik mancanegara, perlu juga dijelaskan bagaimana munculnya aliran-aliran musik mancanegara di Indonesia. Selain itu, meskipun budaya dan musik mancanegara sudah berkembang di Indonesia, namun perlu penyaringan sisi positif dan negatifnya, agar tidak membuang pribadi asli Indonesia.

2.   Selanjutnya, kritik dan saran dari guru serta pembaca sangat kami butuhkan untuk kesempurnaan makalah ini.

Sumber :

https://finbarroreilly.com/