Kebijakan Fiskal

Table of Contents

Kebijakan Fiskal

Kebijakan Fiskal adalah kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mendapatkan dana dan kebijaksanaan yang ditempuh oleh pemerintah untuk membelanjakan dananya dalam rangka melaksanakan pembangunan. Atau, kebijakan fiscal adalah kebjakan pemerintah yang berkaitan dengan penerimaan atau pengeluaran Negara.Dari semua unsur APBN dan pajak yang dapat diatur oleh pemerintah dengan kebijakan fiscal.

Contoh kebijakan fiscal adalah apabila perekonomian nasional mengalami inflasi, pemerintah dapat mengurangi kelebihan permintaan masyarakat dengan cara memperkecil pembelanjaan dan menaikkan pajak agar tercipta kestabilan lagi. Cara demikian disebut dengan pengelolaan anggaran.

Tujuan kebijakan fiscal adalah untuk mempengaruhi jalannya perekonomian. Hal ini dilakukan dengan jalan memperbesar dan memperkecil pengeluaran komsumsi pemerintah (G), jumlah transfer pemerntah (Tr), dan jumlah pajak (Tx) yang diterima pemerintah sehingga dapat mempengaruhi tingkat pendapatan nasional (Y) dan tingkat kesempatan kerja (N).

Kebijakan fiskal bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara optimal. Kebijakan fiskal sangat berhubungan dengan pemasukan atau pendapatan negara, diantara pendapatan negara antara lain misalnya : bea dan cukai, devisa negara, pariwisata, pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan, impor, dan lain-lain. Macam-macam Kebijakan Fiskal :

  • Functional finance : Pembiayaan pemerintah yang bersifat fungsional
  • The managed budget approach : Pendekatan pengelolaan Anggaran
  • The stabilizing budget : Stabilisasi anggaran yang otomatis, apabila model ini gagal, maka pemerintah dapat meningkatkan pengeluarannya seperti dengan menaikkan gaji PNS atau subsidi
  • Balance budget approach : Pendekatan Anggaran Belanja berimbang, namun bila terlambat penyesuaian (Perubahan Anggaran Keuangan), maka kepercayaan masyarakat akan hilang.
  1. Uang

Dari zaman ke zaman uang terus berkembang diseluruh negara di belahan dunia, dikarenakan uang adalah alat transaksi dan alat tukar suatu produk barang atau jasa.Namun dalam pembahasan ini adalah masalah uang dalam ekonomi makro.

      Fungsi uang, yaitu antara lain : Uang sebagai satuan nilai, yang maksudnya sebagai satuan moneter yang berfung si sebagai nilai suatu barang atau jasa. Uang sebagai alat tukaar, uang sebagai alat yang mempermudah masyarakat dalam urusan pertukaran. Uang sebagai gudang nilai, yang maksudnya adalah uang sebagai alat tukar baik sepanjang waktu maupun sewaktu-waktu

 

sumber :

https://infotoyotabandung.co.id/kraken-land-apk/