Hampir Merata, Ketersediaan Jaringan 4G Masih ada Kesenjangan

Hampir Merata, Ketersediaan Jaringan 4G Masih ada Kesenjangan

Hampir Merata, Ketersediaan Jaringan 4G Masih ada Kesenjangan

Indonesia adalah negara Asia Tenggara terbesar secara geografi dan populasi.

Membentang lebih dari 3.000 mil dari Timur ke Barat dan 1.000 mil dari Utara ke Selatan, Indonesia terdiri dari 17.500 pulau, dimana 10.500 dihuni dan lebih dari 40% penduduk tinggal di daerah pedesaan yang berpenduduk jarang. Geografi kepulauan ini ditambah dengan kepadatan populasi yang beragam menghadirkan tantangan besar bagi operation jaringan seluler untuk memperluas dan menjaga jaringan yang dapat andal.

Opensignal menemukan bahwa meskipun jaringan 4G hampir di mana-mana,

ada kesenjangan konektivitas antara daerah pedesaan berpenduduk jarang dengan daerah perkotaan berpenduduk padat di Indonesia.

Dalam blognya, Opensignal menemukan bahwa pengguna di daerah berpenduduk padat dapat terhubung ke layanan 4G hingga 89,7% dari waktu, pengguna di daerah berpenduduk paling jarang dapat terhubung ke sinyal 4G hanya 76% dari waktu – selisih 13 poin persentase.

“Ketika kami memeriksa waktu yang dihabiskan pengguna yang terhubung ke

semua jaringan data seluler (gabungan layanan 3G dan 4G), perbedaan ini berkurang tetapi tetap ada. Ketersediaan 3G / 4G turun 10,3 poin persentase, dari 96,3% di daerah berpenduduk padat menjadi 86% di daerah berpenduduk jarang,” sebut laporan Opensignal.

 

Sumber :

https://zalala.co.id/