Dampak kebijakan ekonomi mikro dan makro

Dampak kebijakan ekonomi mikro dan makro

Untuk menjelaskan dampak kebijakan makroekonomi terhadap pendapatan atau output nasional, dalam kesempatan ini menggunakan model IS-LM dan model penawara dam model permintaan agregat (AS-AD) sebagai suatu kerangka kerja.

a)      Dampak kebijakan fiscal

Untuk menjelaskan bagaimana dampak kebijakan fiscal yang ekspensife(ekspensionary fiscal policy) yang melalui peningkatan pengeluaran (g). dengan adanya kenaikan pengeluaran,maka permintaan agregat ( AD ) akan naik atau dalam kerangkan model AS-AD akan menyebabkan kurva AD bergeser kekanan.

b)      Dampak kebijakan moneter

Anggaplah pemerintah menjalankan atau menerapkan suatu keijakan moneter ekspansif (expansionary monetary policy ) yaitu meleui peningkatan jumlah uang beredar (money supply atau Ms ) didalam prekonomian.de ngan adanya ekspansi moneter tersebut,akan menyebabkan tingkat bunga (i) turun. Dan pada giliranya mendorong infestasi (I) naik,dan naiknya infestasi selanjutnya menyebakan permintaan agregat ( AD ) juga nengalami kenaikan. Sebaliknya apabila pemerintah mejalangkan suatu kebijakan kontraktif (Contraktionary monetary policy ) yaitu dengan mengurangi jumlah uang yang beredar Ms di dalam prekonomian.

Sumber :

https://finbarroreilly.com/