Daftar PPDB, KK Bisa Diganti Suket RT/RW

Daftar PPDB, KK Bisa Diganti Suket RT/RW

Daftar PPDB, KK Bisa Diganti Suket RT RW

Mendikbud, Muhadjir Effendy, meminta masyarakat yang ingin mendaftarkan

anaknya pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 jalur zonasi tapi belum memiliki Kartu Keluarga (KK) tak perlu risau. Walaupun KK menjadi salah satu syarat utama sistem zonasi, tetap bisa digantikan dengan lainnya.

”Dalam melaksanakan PPDB melalui jalur zonasi dengan kuota paling sedikit 90 persen, sekolah yang diselenggarakan pemerintah daerah wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili sesuai zona yang ditetapkan pemda,” terang Muhadjir di Jakarta, Selasa (18/6).

Domisili calon peserta didik ini, sambung dia, berdasarkan alamat pada KK

yang diterbitkan paling singkat satu tahun sebelum PPDB. KK ini bisa diganti dengan surat keterangan domisili dari RT atau RW yang dilegalisasi lurah atau kepala desa setempat. ”Kalau nggak punya KK bisa pakai surat keterangan domisili dari RT/ RW yang dilegalisasi lurah yang menerangkan peserta didik bersangkutan telah berdomisili paling singkat satu tahun sejak diterbitkannya surat keterangan domisili,” terangnya. Dalam Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 tentang PPDB, mewajibkan sekolah memprioritaskan peserta didik yang memiliki KK atau surat keterangan domisili dalam satu wilayah kabupaten/kota sama dengan sekolah asal.

”Selain melakukan pendaftaran PPDB melalui jalur zonasi sesuai domisili

dalam zonasi yang telah ditetapkan, calon peserta didik bisa melakukan pendaftaran PPDB melalui jalur prestasi di luar zonasi domisili peserta didik,” katanya. Ia menegaskan, sekolah yang diselenggarakan pemda dilarang membuka jalur pendaftaran PPDB selain yang diatur dalam Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018

 

Baca Juga :