Ciri-ciri anak dengan perkembangan nonnormatif

Ciri-ciri anak dengan perkembangan nonnormatif

Secara tradisional menurut Mash dan  Wolfe  (2013),  dapat  dilihat  dari  adanya  pola  perilaku,   kognitif, emosional atau simtom fisik yang diperlihatkan oleh anak. Beberapa pola tersebut berhubungan dengan satu atau lebih dari tiga ciri yang menonjol di bawah ini :

  1. Anak menunjukkan adanya gejala kesedihan (distress)
  2. Perilaku anak menunjukkan adanya tingkat disabilitas tertentu
  3. Tingkat distres atau disabilitas tersebut menimbulkan risiko penderitaan atau ancaman lebih jauh misalnya kematian, sakit, disabilitas atau kehilangan kebebasan yang penting.

Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perkembangan Nonnormatif

Faktor normatif adalah kejadian biologis dan lingkungan yang secara umum memengaruhi kebanyakan atau sebagian besar orang dalam masyarakat.  Kelainan yang muncul pada seorang anak berkaitan erat dengan faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan mereka. Faktor-faktor tersebut di antaranya adalah :

 

  1. Cetak Biru Biologis
  2. Genetik atau Lingkungan
  3. Konteks Sosial

 

          Cara Identifikasi Dan Penanganan

 

  1. Wawancara
  2. Kuesioner
  3. Observasi

 

v  Anak dengan Gangguan Fisik Anak dengan Cerebral Palsy

Pada masa perkembangan, ada: beberapa gangguan fisik yang cukup serius sehingga perlu diperhatikan lebih lanjut. Gangguan fisik tersebut adalah Cerebral palsy yang merupakan gangguan pada kemampuan motorik karena adanya kerusakan otak serta kondisi penyakit fisik lainnya yang umum ditemui pada masa perkembangan anak.

sumber :