Catat! Ini Pentingnya Kecerdasan Buatan di Bidang Pendidikan

Catat! Ini Pentingnya Kecerdasan Buatan di Bidang Pendidikan

Catat! Ini Pentingnya Kecerdasan Buatan di Bidang Pendidikan

Catat! Ini Pentingnya Kecerdasan Buatan di Bidang Pendidikan
Catat! Ini Pentingnya Kecerdasan Buatan di Bidang Pendidikan

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) kini tengah dikembangkan besar-besaran

sehingga teknologi ini akan meniru bahkan mengambil alih pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia. Beberapa perusahaan teknologi telah menerapkan AI di antaranya Amazon, Facebook, Microdoft, hingga Google.

Tetapi siapa sangka bahwa AI ini juga merambah ke dunia pendidikan. Pasalnya, sekolah-sekolah juga berkembang begitu juga teknologinya. Salah satunya adalah sebuah kursus akuntansi di UMass Lowell menggunakan buku teks online melalui software praktik.

Melansir dari Extreme Works, Sabtu (19/8/2017), pendiri Microsoft, Bill Gates

sendiri merupakan salah satu pendukung penggunaan AI di bidang pendidikan. Gates bahkan percaya AI akan memperbaiki pendidikan dalam banyak hal.

Berikut hal-hal yang bisa AI lakukan di bidang pendidikan:

Pembelajaran yang lebih cerdas

Pembelajaran dalam sistem AI ini merupakan pembelajaran yang dipersonalisasi

sehingga meningkatkan pengalaman belajar siswa. Pembelajaran AI dalam sistem individual ini menunjukkan bahwa hal ini dapat meningkatkan fokus siswa. Pasalnya, AI memiliki kemampuan untuk mengajar siswa secara individu dan mengenali area yang dibutuhkan untuk menemukan cara pengajaran yang tepat pada siswa melalui kecerdasan buatan tersebut.

Misalnya, jika teknologi ini tahu kamu tertarik dengan mobil balap, maka itu yang akan digunakan sebagai analogi atau contoh untuk memahami materi pelajaran.

Identifikasi bila siswa tak mengerti

Kecerdasan AI bisa mengidentifikasi konsep seperti apa yang tidak dipahami oleh siswa. Sehingga nantinya AI bisa melakukan penyesuaian untuk menemukan cara baru dalam membantu pembelajaran siswa.

Blackboard, salah satu alat di bidang pendidikan kini banyak digunakan perguruan tinggi. Sebuah platform online ini digunakan para profesor untuk merilis catatan, pekerjaan rumah, kuis, dan tes, dan memungkinkan siswa mengajukan pertanyaan dan tugas untuk penilaian. Alat ini juga bisa mengidentifikasi alasan di balik ketidak pahaman siswa.

Menilai tugas

Manfaat lain dari program AI yaitu menilai kedua pilihan ganda dan pertanyaan dengan jawaban singkat. Ke depannya, AI juga bisa menilai pertanyaan esai. Oleh sebab itu, para guru tidak perlu lagi menghabiskan waktu mengerjakan tugas menilai setiap jam karena guru dapat lebih berkonsentrasi pada pengajaran dan interaksi satu lawan satu saja. Siswa juga mendapat hasil nilai langsung melalui AI.

Mereka tak perlu menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan nilai mereka. Siswa juga akan menuai keuntungan dari guru yang memiliki waktu tambahan untuk proses belajar dan mengajar.

 

Sumber :

https://www.okeynotes.com/blogs/212521/21236/pengertian-akhlak