Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil

Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil

Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil
Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil
Siapa sih yg tidak sukai ikan gurame? Rasa dagingnya empuk jadikan siapapun banyak yang menyenanginya , dari mulai anak-anak hingga orangtua. Hingga tak heran bila harga cukup tinggi dibanding dengan tipe yang lain. Oleh karenanya , bila tidak mau terpentok dengan harga nya mahal jadi coba lakukan budidaya di kolam kecil. Kenapa di kolam kecil? Lantaran asumsinya yaitu untuk dikonsumsi sendiri. Saat Anda memanennya , Anda bisa memproses sendiri juga sebagai santapan lezat untuk keluarga. Tentang beragam resep ikan gurami , telah banyak di internet.

Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil

Nah , saat budidaya media kolam kecil kamu jalan lancar dan berhasil , kamu bisa memperluasnya pada bagian lebih luas lagi. Kesempatan ini , bukan sekedar untuk mengkonsumsi sendiri namun Anda dapat juga menjualnya. Tentang harga nya cukup menggiurkan dan umumnya laku untuk rumah makan di beberapa daerah. Untuk kolam kecil ini Anda bisa memakai media terpal. Ukurannya sesuaikan dengan tempat yang kamu punyai , umpamanya ukuran 6×10 mtr. dengan kedalaman 1 mtr.. Rancang juga saluran untuk memasukkan air bersih dan untuk membuangnya disaat telah kotor.

Pemilihan Lokasi Budidaya

Di bagian pinggiran terpal beri pemberat seperti batu bata supaya terpal bisa kuat tak gampang bergeser-geser. Cara budi daya di rumah ini bisa jadi aktivitas sampingan kamu tanpa ada mengambil alih banyak waktu ataupun tempat terlalu luas dikarenakan dalam rangka aktivitas budi daya di kolam kecil. Kamu butuh menjemur calon kolam terlebih dulu sebelum di isi air dan menaburkan garam gasak nanti bisa menghindar munculnya jamur. Kamu juta butuh buat menggemburkan tanah terlebih dulu dikarenakan kamu tidak memakai beton atau bahan lain , namun memakai tanah dilapis terpal. Sesudah menggemburkan tanah dan menempatkan terpal , jadi selanjutnya yaitu memupuk.

Penebaran Benih Ikan Gurame

jenis ikan discus – Bagian cara budi daya di kolam kecil setelah itu dilanjutkan dengan penebaran benih. Ikan gurame kecil ditaburkan biasanya memiliki ukuran 5 cm. Namun Anda butuh mempersiapkan air kolam satu ember terlebih dulu , dan memasukkan benih pada ember diisi air tersebut sepanjang lebih kurang 15 menit. Hal semacam ini mempunyai tujuan juga sebagai langkah supaya bibit ikan gurami menyesuaikan dengan keadaan air kolam. Tentang bibit ikan itu bila Anda pemula bisa membelinya pada peternak ikan atau pedagang memang jual bibit-bibit ikan. Kamu nanti dapat dipilihkan bibit yang unggul. Sesudah penyesuaian bibit pada air kolam yang ada di ember , setelah itu menabur bibit-bibit tersebut pada kolam yang telah Anda bikin.
Nah , Anda juga mesti memerhatikan permasalahan pakan gurame itu , yakni bila pakan alami bisa memakai daun kangkung dan daun keladi. Terkecuali pakan alami , ada pula pakan apung yang bisa dibeli dalam jumlah kiloan atau sak. Budidaya ikan gurami di kolam terpal itu yaitu langkah awal saat sebelum Anda memiliki kolam semakin besar lagi juga sebagai ladang usaha. Dalam hal semacam ini , info tentang perawatan juga mesti Anda mengerti. Anda diwajibkan ganti air saat telah waktunya tiba supaya tak keracunan. Anda bisa setiap saat memanengurame itu bila mau membuatnya jadi santapan lezat keluarga atau menanti telah banyak besar-besar untuk di jual. Tersebut sepintas pengetahuan tentang cara budidaya ikan gurame di kolam kecil dan aquarium juga sebagai aktivitas sampingan dirumah.