BI-Polda Jabar Perkuat Kerjasama

BI-Polda Jabar Perkuat Kerjasama

BI-Polda Jabar Perkuat Kerjasama
BI-Polda Jabar Perkuat Kerjasama

BANDUNG-Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI)

Jabar saat ini terus memperkuat jalinan kerja sama dengan pihak Kepolisian Daerah (Polda) Jabar. Ini merupakan kelanjutan adanya MoU yang ditekan pihak BI dan Kepolisian RI (Polri) di tingkat pusat.

Kepala KPwBI Jabar Rosmaya Hadi mengatakan, jalinan kerjasama ini kembali ditegaskan seiring adanya pergantian pucuk pimpinan di markas Polda Jabar. Seperti diketahui, belum lama ini Kapolda Jabar Irjen Pol Bambang Waskito menggantikan Irjen Pol Jodie Rooseto.

“Pertemuan ini merupakan kunjungan resmi BI ke Polda Jabar

. Intinya, kita ingin memperkuat kerjasama dan menegaskan perjanjian tingkat regional,” kata Rosmaya usai silaturahmi dengan Kapolda Jabar Irjen Pol Bambang Waskito di Mapolda Jabar, Rabu (24/8).

Rosmaya mengatakan, pihaknya memiliki kewenangan dalam hal pengaturan sistem pembayaran dan pengelolaan mata uang rupiah. Khusus untuk distribusi dia membutuhkan aparat penegak hukum ini sebagai tenaga pengawalan. Terlebih, kantor BI termasuk sebagai salah satu obyek vital yang diatur perundang-undangan yang membutuhkan pengamanan.

Selain itu, guna menjaga kedaulatan rupiah KPwBI

Jabar memohon agar jajaran Polda Jabar dapat turun langsung menindak tegas tindakan peredaran uang palsu dan aparat kepolisian pun harus fokus pada kegiatan usaha valuta asing (valas).

“Untuk kegiatan usaha valas ini sebenarnya harus mendapat izin dari BI. Kalau tidak ada izin, itu berarti ilegal. Beruntung, Pak Kapolda yang baru menjabat ini berasal dari Krimsus (Direktorat Reserse Kriminal Khusus), jadi obrolan kita nyambung,” jelasnya. (Pun)

 

Sumber :

https://www.goodreads.com/user/show/46112681-ojelhtc